Bupati Rohul Buka MTQ ke-16 Tingkat Kecamatan Tambusai

Bupati Rohul Buka MTQ ke-16 Tingkat Kecamatan Tambusai

TAMBUSAI, OKETIMES.com- Ribuan umat Muslim se Kecamatan Tambusai tumpah ruah pada acara pembukaan MTQ ke 16 tingkat Kecamatan Tambusai. Kegiatan yang resmi dibuka Bupati Rokan Hulu, Drs H Achmad M.Si dipusatkan di los Pasar Desa Talikumain, Kamis (19/3/2015) sore.

Selain dihadiri Bupati Achmad, turut hadir Wabup Rohul Hafith Syukri, Sekdakab Rohul Damri Harun, Ketua Komisi III DPRD Rohul Wahyuni, Kepala Badan, Dinas, Kantor, Camat Tambusai, Kepala Desa Se-Tambusai, dan ribuan masyarakat kecamatan Tambusai.

Kegiatan MTQ ke-16  tingkat Tambusai merupakan MTQ tingkat kecamatan  yang kedua dilaksanakan pada tahun 2015 dengan Tema MTQ ini adalah "Mari Membaca Alquran dan Kita Amalkan".

Pada sambutannya, Bupati Rohul Achmad mengatakan MTQ tingkat kecamatan dan MTQ tingkat kabupaten adalah even tahunan di Kabupaten Rohul. Dia mengharapkan, MTQ tidak dijadikan sekedar acara seremonial saja, namun warga bisa mengambil makna positif dari kegiatan itu.

Bupati Achmad juga mengajak umat Muslim di Rohul, khususnya di Tambusai untuk mencintai Alquran. Menurutnya, Alquran tidak hanya untuk dibaca, namun lebih dimaknai isinya, termasuk diterapkan di kehidupan sehari-hari.

"Dari MTQ di Kecamatan Tambusai ini, mari kita pahami dan isi kandungan Alquran sebagai pedoman hidup. Kita maknai juga berjalannya Program Menghafal Alquran yang telah dicanangkan oleh Pemkab Rokan Hulu sejak tahun 2012 lalu," kata Bupati Achmad.

Bupati mengakui MTQ dilaksanakan juga bertujuan dalam menjaring qori dan qoriah handal dan berprestasi. Mereka akan menjadi utusan kecamatan untuk mengikuti MTQ tingkat Kabupaten Rohul yang akan dilaksanakan di Purna MTQ Riau di Pasir Pengaraian pada 8-13 April 2015 akan datang.

Menurut Bupati, para juara MTQ tingkat Kabupaten Rohul juga akan menjadi duta kabupaten pada MTQ tingkat Provinsi Riau tahun ini. Bahkan bisa saja mewakili Riau di MTQ tingkat nasional.

Pemkab Rohul, sambung Achmad, telah berkomitmen dalam membangun bidang keagamaan. Apalagi, julukan Kabupaten Rohul sebagai Negeri Seribu Suluk yang sangat kental dengan nuansa religius, butuh komitmen tinggi dalam meningkatkan kegiatan keagamaan.

Pantauan awak media, Seusai membuka MTQ ke-16 , Bupati Achmad bersama rombongan yang hadir menyempatkan diri meninjau Stand Bazaar yang dilaksanakan oleh Panitia MTQ Kecamatan Tambusai dan Tim Penggerak PKK. Bazaar ini menyajikan berbagai sumber daya alam Tambusai termasuk Batu Akik.

Camat Tambusai H. Zahrial Lutfi mengharapkan pada pelaksanaan MTQ ke-16 Kecamatan Tambusai bisa malahirkan qori-qoriah yang handal yang bisa menjadi utusan Kecamatan Tambusai pada MTQ tingkat Kabupaten kedepan.

"Kita himbau kepada dewan juri yang menilai para qori-qoriah yang berlomba agar secara benar-benar memberi penilaiannya sesuai  dengan kemampuannya, sehingga kita di Tambusai bisa mengutuskan perwakilan qori-qoriah terbaik pada  MTQ tingkat Kabupaten nantinya," ujar Zahrial Lutfi.

Diakhir acara Camat Tambusai melaksanaka Pengukuhan dan sumpah kepada beberapa dewan Juri yang memberikan penilaian terhadap qori-qoriah yang berlomba diberbagai perlombaan di MTQ ke-16 Kecamatan Tambusai.(adv/hum)


Tags :berita
Komentar Via Facebook :