Home / Ekbis / Empat Kecamatan Centra Pangan di Siak

Empat Kecamatan Centra Pangan di Siak

Empat Kecamatan Centra Pangan di Siak
SIAK, oketimes.com- Empat kecamatan di kabupaten Siak seperti Bungaraya, Sabak Auh, Sungai Mandau dan Sungai Apit merupakan kawasan sentra pengembangan padi (pangan) bagi Kabupaten Siak. Demikian dikatankan Bupati Siak Drs H Syamsuar, M.Si pada acara gelar 1000 petani pekan kemarin di Kecamatan Bungaraya.

Komitmen Pemerintah Daerah dalam memaksimalkan potensi pertanian yang ada, lahan sawah Kabupaten Siak di tahun 2013 yaitu seluas 4.675 hektar lahan sawah. Dari sektor pertanian tersebut telah menyerap 36,36 persen tenaga kerja dari jumlah keseluruhan angkatan kerja yang ada di Kabupaten Siak.

Data ini berbanding lurus dengan jumlah rumah tangga usaha pertanian pengguna lahan di Kabupaten Siak yang berjumlah 36,227 rumah tangga dengan 5,559 rumah tangga atau 15,34 persen menjalankan usaha pada sub sektor tanaman pangan (padi dan palawija) dalam perekonomian Kabupaten Siak, yang memberikan kontribusi sebesar 31,09 persen dari total PDRB Kabupaten Siak.

Dikatakan Bupati, peningkatan produksi tanaman pangan terutama padi terus diupayakan melalui program-program peningkatan produksi tanaman padi di Kabupaten Siak, mencapai angka 36,444 ton Gabah Kering Giling (GKG), sedangkan produksi padi tahun 2012 sebesar 32,298 ton GKG.

"Artinya terjadi peningkatan produksi sebesar 4.146 ton GKG atau sebesar 12,8 persen. Kendati demikian Kabupaten Siak hingga saat ini masih kekurangan beras sebanyak 54,54 persen dari total kebutuhan beras," ungkap Syamsuar.

Kita berharap, tahun-tahun berikutnya, peningkatan pangan dapat ditingkatkan, sehingga Kabupaten Siak yang masih kekurang beras, secara bertahap bisa diselesaikan, dan Siak tidak lagi mendatang beras dari daerah lain, bila memungkin Siaklah yang pemasok beras bagi daerah lain, pungkasnya.(Adi/oke)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.