9 Bulan Menjabat

Sekdaprov Tak Kunjung Tempati Rumdis, Integritas SF Haryanto Dipertanyakan

Foto insert : Rumah Dinas Jabatan Sekdaprov Riau Jalan Gajah Mada dan Rumah Pribadi SF Haryanto di Jalan Ronggo Warsito berlatar belakang Gubri Syamsuar bersama Sekdaprov Riau.

Pekanbaru, Oketimes.com - Meski sudah mendapat kecaman keras dari berbagai elemen masyarakat, terkait masih belum ditempatinya rumah dinas jabatan Sekdaprov Riau hingga kinim, meski telah 9 bulan menjabat sebagai Sekdaprov Riau. Kredibilitas dan integritasnya, patut dipertanyakan dan sekaligus dicurigai dalam pengangkatan jabatannya sebagai Sekdaprov Riau.

Sosok SF Haryanto dan Keluarga, masih memilih menempati rumah pribadinya di Jalan Ronggo Warsito atau tepatnya di depan Rumah Makan Sultan Pekanbaru, ketimbang harus menempati rumah Dinas Jabatan yang sudah disediakan Negara dalam jabatannya sebagai Sekdaprov Riau, paska dilantik pada Rabu 18 Agustus 2021 lalu.

Sebagai bukti, berdasarkan observasi oketimes.com pada Rabu 22 Juni 2022 di Jalan Gajah Mada No 13 Kelurahan Simpang Empat Kecamatan Pekanbaru Kota Kota Pekanbaru, atau persisnya disamping Kantor Bappeda Provinsi Riau.

Rumah Dinas Jabatan Sekdaprov Riau itu, masih terlihat kosong melempong dan tidak terlihat ada aktivitas sosok Haryanto dan Keluarganya di rumah dinas tersebut.

Yang ada, justru tampak sejumlah tukang dan buru bangunan yang sedang asik memasang pondasi tiang yang diduga untuk membangun ruang baru atau tambahan secara permanen persi disamping sisi kanan rumah tersebut.

Baca Juga : 9 Bulan Menjabat, Rumdis Sekdaprov Terancam Dihuni "Mahluk Halus"

Salah satu tukang bangunan saat ditanyai, membenarkan dirinya sedang bekerja untuk memasang pondasi tiang. Hanya saja tidak memberitahu siapa yang memerintahkan dirinya untuk membangun pondasi tersebut.

"Saya hanya disuruh pemborongnya untuk mengerjakan tiang pondasi saja bang, sedangkan yang lain ada yang sedang memasang rangka baja dan atap," ujar sang tukang tersebut yang tidak ingin disebut namanya.

Lantas ditanya, sudah berapa lama bekerja di rumah tersebut. Sang tukang bangunan, mengaku baru beberapa hari ini memulai bekerja. "Belum ada seminggu bang, baru dua atau tiga hari ini," tukasnya menjawab oketimes.com.

Baca Juga : Sekdaprov Milih Tidur di Rumah Pribadi Ketimbang Rumah Dinas, Ini Penjelasan SF Haryanto

Kembali ditanya, apakah penghuni rumah tersebut ada di dalam rumah? Sang buruh, sedikit terdiam, sembari menggeleng-geleng kepala. " Gak tahu bang...cek aja ke dalam," jawabnya.

Meski begitu, oketimes.com langsung menilik jendela kaca luar sisi rumah tersebut, memang benar tidak ada sosok penghuni rumah tersebut dan masih kosong melempong.

Terpisah, Pusat Advokasi dan Bantuan Hukum Riau (PABHR) ikut angkat bicara, terkait tidak adanya etikad baik pejabat Pemrov Riau tersebut, yang hingga kini belum juga menempati rumah dinas tersebut.

"Jabatan Sekdaprov itu sudah include, rumah dinas, mobil dinas dan anggarannya melekat dengan jabatannya. Jadi, jika tidak segera ditempati atau tidak digunakan sebagaimana mestinya, maka rawan terjadi penyelewenagan," kata Ketua Pusat Advokasi dan Bantuan Hukum Riau (PABHR), Edwar Pasaribu SH kepada oketimes.com pada Rabu 22 Juni 2022 di Pekanbaru.

Dikatakan Edwar, Jabatan Sekdaprov merupakan jabatan struktural tertinggi sebagai pejabat Eselon I di Pemerintah Provinsi Riau, apabila pejabat tersebut tidak mencerminkan kredibilitas dan integritas tinggi, tentunya sangat berdampak buruk dengan roda pemerintahan yang dijalankan pejabat tersebut.

"Ini seharusnya menjadi catatan serius bagi Gubernur Riau Syamsuar kepada Sekdaprov Riau. Jika tidak dilakukan teguran keras dengan segera, maka alamat kapal pemerintahan daerah akan karam saat berlayar," tukas Edwar Pasaribu.

Terkait hal itu, Sekdaprov Riau SF Haryanto saat dihubungi lewat ponselnya pada Rabu 22 Juni 2022, dalam keadaan tidak aktif, meski beberapa kali dihubungi pada Rabu (22/06) sore. Pesan pendek pertantanyaan juga belum berbalas, hingga berita ini diturunkan.***


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait