Dinas Sosial Tunggu Laporan Kecamatan Terkait Bantuan Bencana Alam

Kepala Dinas Sosial Rokan Hilir, Sukma Alfalah.

BAGANSIAPIAPI, oketimes.com- Kepala Dinas Sosial kabupaten Rokan Hilir, Sukma Alfalah menyatakan telah menyiapkan anggaran penanganan bencana alam baik bencana banjir, kebakaran maupun bencana lainya. Saat ini pihaknya tengah menunggu laporan korban dari pihak kecamatan.

Terhitung awal tahun 2014 bencana yang melanda kabupaten rokan hilir terbilang menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, "untuk tahun 2014 ini, bencana yang terparah ada di Bagan Batu, yaitu terbakarnya sembilan ruko beberapa waktu lalu, dan kita dari pihak dinas sosial hanya memberikan bantuan-bantuan yang bersifat darurat," ujar Sukma.

Sukma menjelaskan, biasanya daerah kecamatan yang terkena dampak bencana alam mengirimkan laporan diwakili oleh kecamatan, dan dari dinas sosial mengutus tim untuk melakukan crosschek di lapangan sekaligus pemberian bantuan seperti sembako tenda darurat dan air bersih.

Tidak hanya itu, Dinsos Rohil juga memberikan bantuan bencana kebakaran baru-baru ini yang disalurkan untuk korban kebakaran di Jl Bintang Kecamatan Bangko Bagan Siapiapi.

"Memang ada beberapa daerah di Rohil yang terkena banjir setiap tahunnya antara bulan September hingga Januari, banjir di beberapa daerah di Rohil telah menjadi banjir tahunan seperti di kecamatan Bangko, Bangko Pusako dan Batu Hampar," tambah Sukma.

Sukma juga menerangkan untuk menyalurkan bantuan tersebut pihak Dinsos Rohil harus menerima laporan dari pihak kecamatan dan kelurahan yang menyatakan bahwa telah terjadinya bencana yang tidak diinginkan, apabila tidak ada laporan dari wilayah bersangkutan yang mengalami bencana, maka dari pihak dinsos tidak akan memberikan bantuan apapun.

"Sepanjang 2014 ini bantuan dana yang banyak disalurkan untuk bencana kebakaran terdapat di kecamatan Bagan Sinembah, Panipahan, dan Bangko," Pungkas Sukma. (Mhd)

Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait