Home / Pemerintahan / Hebat, Kades Selamat Jadi Motivator Kades se Kabupaten Serdang Bedagai

Hebat, Kades Selamat Jadi Motivator Kades se Kabupaten Serdang Bedagai

Hebat, Kades Selamat Jadi Motivator Kades se Kabupaten Serdang Bedagai
Faisal
Kepala Desa Pematang Tebih, Selamat dan Ketua TP PKK Eli Surianti LT SPd Aud, bisa menjadi motivator buat kepala desa se Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Selasa (25/02/2020).

Ujung Batu, Oketimes.com - Suatu kehormatan yang luar biasa dirasakan Kepala Desa Pematang Tebih, Selamat dan Ketua TP PKK Eli Surianti LT SPd Aud, bisa menjadi motivator buat kepala desa se Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Kades Pematang Tebih, Selamat akhir bulan Januari 2020 diundang oleh Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai sebagai Narasumber Transparansi keuangan desa baik bersumber dari APBD maupun APBN.

Bertempat salah satu wisma di pusat ibu kota Kabupaten Serdang Bedagai, Sei Rampah. Hadir pada kesempatan itu, Bupati Serdang Bedagai, Ir H Soekirman dan Wakil Bupati Darma Wijaya, Kepala Dinas DPMPD, seluruh camat, kepala desa, pimpinan BPJS Kesehatan, pimpinan perusahaan BUMN.

Kepala Desa Pematang Tebih, Selamat menjawab wartawan, Selasa (25/2) menyampaikan, bahwa dirinya tidak pernah membayangkan dipercaya oleh Pemkab Serdang Bedagai menjadi pembicara terkait Tranparansi penggunaan anggaran dana desa (ADD) dan dana desa (DD).

Memang diakui, sebelum dia dan Ketua PKK desa bertolak ke Sei Rampah, utusan Pemkab Serdang Bedagai terdiri dari 4 tim pelaksana inovasi desa (TPID) Kecamatan Sei Bamban, Kecamatan Sei Rampah, Teluk Mengkudu dan Kecamatan Tanjung Beringin melakukan Study Tiru ke Desa Pematang Tebih, Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

"Mereka melihat bagaimana kami di desa ini mengelola keuangan desa tepat sasaran, tepat guna. Bukan saja pembangunan fisik, pembangunan sumber daya manusia nya juga lebih diutamakan, seperti pemberdayaan petani untuk menciptakan alat inovasi pertanian, dan budidaya pertanian seperti sayur-sayuran dan buah-buahan," kata Selamat.

Dirinya juga menyampaikan bahwa setiap kegiatan yang dibiayai DD maupun ADD di desanya selalu dimulai dengan musyawarah dengan BPD, dusun, RT dan RW, tokoh masyarakat, pendidik. Sehingga pelaksanaan kegiatan desa sudah melalui perencanaan yang matang.

"Ini menjadi materi yang saya sampaikan kepada rekan kepala desa se Kabupaten Serdang Bedagai. Kemudian, kita juga berikan masukan kepada para kades, agar sebelum kegiatan pembangunan mulai, pihak desa harus konsultasi dengan Inspektorat, dan Dinas PMPD," ujar Selamat.

Sementara itu, Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman mengucapkan terima kasih kepada Kades Selamat yang sudah memberikan ilmu pengelolaan keuangan desa yang sudah di implementasikan di daerahnya kepada seluruh kepala desa di sana.

"Kita berharap, para kepala desa bisa menyerap ilmu yang disampaikan pak Selamat, dan menerapkannya di desa masing-masing. Sehingga pembangunan bisa merata dan program desa tepat sasaran," ajak Bupati Soekirman.

Diakhir kegiatan, Bupati Soekirman didampingi Wakil Bupati Darma Wijaya menyerahkan cenderamata berupa Biografi Desa se Kabupaten Serdang Bedagai kepada Kades Selamat didampingi istri. (sal)

 

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.