Home / Lingkungan / Polisi Tangkap Kayu Ilegal di Bagansiapiapi, BARA-JP Apresiasi Polres Rohil

Polisi Tangkap Kayu Ilegal di Bagansiapiapi, BARA-JP Apresiasi Polres Rohil

Polisi Tangkap Kayu Ilegal di Bagansiapiapi, BARA-JP Apresiasi Polres Rohil
Dok oketimes.com
Ir. Ganda Mora, MSI, Ketua Barisan Relawan Jaringan Perubahan (BARA JP) Provinsi Riau.

Pekanbaru, Oketimes.com - Barisan Relawan Jaringan Perubahan (BARA JP) Provinsi Riau, mengapresiasi kinerja jajaran Kepolisian Resor Rokan Hilir, yang berhasil mengamankan empat gerobak bermuatan kayu olahan log oleh Tim Unit Reskrim Polsek Bangko, Senin 21 Oktober 2019 dini hari.

"Kami memberikan apresiasi kepada Jajaran Polres Rohil, lantaran tengah berhasil mengamankan kayu ilegal yang diduga milik para pelaku ilog. Artinya pihak kepolisian setempat, sudah berhasil menyelamatkan kawasan hutan dari perbuatan para pelaku ilog," kata Ketua BARA JP Provinsi Riau Ir. Ganda Mora, MSi pada oketimes Rabu 23 Oktober 2019 sore di Pekanbaru.

Ganda Mora juga mengatakan, pihak Polres Rohil harus jeli menangani kasus tersebut, sebab para palaku ilog tidak terlepas peran dari para cukong pelaku usaha galangan kapal kayu yang ada di pesisir pantai Rokan Hilir, Riau.

"Kami berharap pihak aparat menelusuri para pelaku ilog, mulai dari hulu hingga hilir aktivitas ilog tersebut. Karena diduga kuat kayu-kayu tersebut akan diperjual belikan kepada para pelaku usaha galangan kapal yang ada di sepanjang pesisir pantai Bagansiapiapi Rohil," ungkap Ganda Mora.

Dikatakan Ganda Mora, kegiatan ilegal loging yang dilakukan para pelaku ilog di kawasan hutan yang ada di Rokan Hilir, sudah lama berlangsung.

Akan tetapi, kegiatan tersebut masih terus berjalan, lantaran para cukong selalu aktif membujuk anggota masyarakat untuk mengambil kayu secara ilegal dari kawasan hutan tersebut.

"Sebenarnya permasalahan ini sudah lama, tapi beberapa bulan terakhir ini semakin menggila. Kami berharap pihak Kepolisian dapat menuntaskan soal kasus ilegal loging tersebut hingga ke akar-akarnya," harap Pengawal Program Nawacita Jokowi itu meyakinkan.

Jika perlu sambung Ganda Mora lagi, pihak Kepolisian lebih intensif menelusuri dokumen keabsahan bahan baku kayu pembuatan galangan kapal kayu dari para pengusaha galangan kapal tersebut.***

 

Penulis    : Jhonari
Editor     : Cardova                   

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.