Home / Peristiwa / Pelantikan Presiden dan Wapres Berlangsung Hikmat

Pelantikan Presiden dan Wapres Berlangsung Hikmat

Pelantikan Presiden dan Wapres Berlangsung Hikmat
Ist
Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

Jakarta, Oketimes.com - Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin periode 2019-2024 tengah berlangsung di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Minggu, 20 Oktober 2019.

Berbagai rangkaian acara juga dipersiapkan Sekretariat Jenderal MPR, atas Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024, Jokowi-Ma'ruf Amin.

Anggota MPR dan para tamu undangan akan hadir terlebih dulu. Presiden-presiden terdahulu juga akan hadir, disusul dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin, dan yang terakhir adalah Presiden Jokowi.

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-Ma'ruf Amin akan diawali dengan pembacaan hasil Keputusan KPU, lalu pengambilan sumpah Presiden dan Wakil Presiden terpilih. Setelah itu, pimpinan MPR akan menandatangani berita acara pelantikan.

Prosesi pelantikan agak berbeda dilakukan tahun ini, karena Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024 terkait adanya perpindahan tempat duduk hanya akan dilakukan oleh wakil presiden saja.

Jusuf Kalla akan berpindah tempat duduk dengan Ma'ruf Amin. Selain itu, menurut infografis yang dirilis, sesi khusus pemberian ucapan kepada Jokowi-Ma'ruf dilakukan setelah sesi foto bersama MPR.

Hal itu dilakukan untuk memberi kesempatan kepada para tamu negara, untuk menyampaikan selamat kepada presiden dan wakil presiden terpilih.

Sejumlah kepala negara serta perwakilan turut hadir pada Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-Ma'ruf.

Di antaranya ada Sultan Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Australia Scott Morrison, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Kamboja Y.M. Hun Sen, Raja Eswatini, dan beberapa perwakilan negara lain.***


Source   : Kompas.com
Editor     : Van Hallen

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.