Home / Puspen TNI / Kasum TNI : Pembangunan SDM TNI Harus Jadi Prioritas Utama

Kasum TNI : Pembangunan SDM TNI Harus Jadi Prioritas Utama

Kasum TNI : Pembangunan SDM TNI Harus Jadi Prioritas Utama
Pasi Intel Satgas Yonif MR 411 Kostrad, Lettu Inf Asep Saepudin
Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Letjen TNI Joni Supriyanto dalam amanatnya yang dibacakan oleh Koorsahli Panglima TNI, Mayjen TNI Nono Suharsono, S.I.P., M.Si, di hadapan ribuan Prajurit dan PNS TNI pada Upacara HUT Ke-74 Republik Indonesia di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (17/8/2019).

Cilangkap, oketimes.com - Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan TNI harus dijadikan sebagai prioritas utama, dengan tujuan untuk membentuk SDM Prajurit TNI yang unggul, berjiwa ksatria, militan, dan memiliki loyalitas yang kuat, dengan tetap mengedepankan jati diri Prajurit TNI sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional, dan Tentara Profesional.

Demikian ditegaskan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Letjen TNI Joni Supriyanto dalam amanatnya yang dibacakan oleh Koorsahli Panglima TNI, Mayjen TNI Nono Suharsono, S.I.P., M.Si, di hadapan ribuan Prajurit dan PNS TNI pada Upacara HUT Ke-74 Republik Indonesia di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (17/8/2019).

Kasum TNI menuturkan bahwa membangun TNI yang kuat merupakan suatu keniscayaan, dihadapkan kepada perkembangan potensi ancaman yang semakin membahayakan persatuan, kesatuan, kedaulatan dan keutuhan negara dan bangsa.

"Pembangunan organisasi dan Alutsista termasuk Sumber Daya Manusia TNI harus terus dilakukan, guna mewujudkan TNI yang adaptif, maju dan modern," katanya.

Menurut Letjen TNI Joni Supriyanto, pembangunan organisasi dan Alutsista termasuk SDM TNI, sudah sejalan dengan tema dari peringatan ulang tahun RI ke-74 tahun, yang berbunyi "Sumber Daya Manusia Unggul Indonesia Maju".

Lebih lanjut dikatakan bahwa dalam rangka mendukung tugas pokok TNI, hendaknya seluruh Prajurit dan PNS TNI di manapun berada dan bertugas, agar selalu mengikuti setiap perkembangan yang terjadi, baik lingkungan strategis maupun pengaruh global lainnya, agar tidak tertinggal di dalam mengantisipasi setiap perkembangan ancaman yang terjadi.

"TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, harus senantiasa memegang teguh komitmen sesuai tugas dan kewajiban yang diamanatkan undang-undang, untuk menjaga kedaulatan Negara Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar RI Tahun 1945, menjaga keutuhan wilayah NKRI, serta melindungi  keselamatan segenap bangsa dari berbagai bentuk ancaman, baik yang datang dari dalam maupun dari luar negeri," jelasnya.

Untuk itu, kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI harus berani menghadapi segala tantangan dan hambatan yang merintangi setiap upaya dalam membangun TNI.

"Jangan pernah menyerah terhadap setiap kendala yang  terjadi dan tetaplah teguh pada tujuan untuk membangun TNI yang hebat, kuat dan professional," tutupnya.***


Autentikasi : Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Taibur Rahman

 

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.