Home / Lingkungan / 20 Hektare Lahan di Sumur Minyak PT BSP Siak Terbakar

20 Hektare Lahan di Sumur Minyak PT BSP Siak Terbakar

20 Hektare Lahan di Sumur Minyak PT BSP Siak Terbakar
Istimewa
Kondisi lahan seluas 20 hektare terbakar di sekitaran sumur minyak PT Badan Operasional Bersama (BOB) PT Bumi Siak Pusako (BSP), Pertamina Hulu di Kecamatan Dayun Kabupaten Siak, Riau, Senin 5 Agustus 2019.

Siak, oketimes.com – Seluas 20 hektare lahan di sekitaran sumur minyak PT Badan Operasional Bersama (BOB) PT Bumi Siak Pusako (BSP), Pertamina Hulu di Kecamatan Dayun Kabupaten Siak, terbakar, Senin 5 Agustus 2019. Kini api masih dijinakkkan tim gabungan TNI Polri dibantu pemadam dari PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) sebanyak 70 orang.

"Kebakaran lahan itu di Kampung Siberuk Kecamatan Dayun yang menyisahkan asap tebal," kata Paur Humas Polres Siak Bripka Dedek Prayoga kepada awak media saat dikonfirmasi, Senin (5/8/19) siang.

Menurut dedek, saat ini petugas masih melakukan pendinginan di lokasi Siberuk dan telah dilakukan koordinasi dengan dengan pihak PT RAPP diwakili Hotman Lubis.

"Hotman Lubis selaku koordinator lapangan wilayah Siberuk, tentang pembuatan skat bakar dan pembuatan embung di lokasi kebakaran lahan," kata Dedek.

Atas laporan Hotman ke polisi, pembuatan embung akan lebih banyak karena setiap jarak 50 meter akan dibuat embung. Dan saat ini alat berat sedang dipekerjakan di lokasi.

"Luas lahan yang terbakar diperkirakan lebih kurang 20 hektar. Mesin air yang digunakan  sebanyak 6 unit, 3 unit mesin merk marktri, 1 unit mesin Tohatsu, 2 unit mesin striker," ulas Dedek.

Dia juga menjelaskan, tim pemadam terdiri dari personel Polres Siak 9 orang, personel PT RAPP 70 orang menyebar di 5 titik lokasi kebakaran, bahkan tidak ada satu pun karyawan PT BSP yang ikut membantu pemadaman.
 
"Sumber air saat ini masih menggunakan air di parit bekoan dan tersedia, mudah-mudahan segera padam total," pungkas Dedek.***


Reporter   : Richarde
Editor       : Cardova

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.