Home / Internasional / 3rd Senior Official Meeting Bakamla dan ABF di Canberra

3rd Senior Official Meeting Bakamla dan ABF di Canberra

3rd Senior Official Meeting Bakamla dan ABF di Canberra
Humas Bakamla RI For Oketimes.com
Kerjasama Bilateral antara Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) dengan Australia Border Force (ABF) akan terus ditingkatkan. Pokok-pokok penting tentang kerjasama tersebut dibahas oleh Kepala Bakamla RI Laksdya Bakamla A. Taufiq. R, dalam pertemuan High Level Senior Official Meeting (SOM) di ABF Headquarter, Canberra, Jumat (29/3/2019).

Canberra, Oketimes.com - Kerjasama Bilateral antara Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) dengan Australia Border Force (ABF) akan terus ditingkatkan. Pokok-pokok penting tentang kerjasama tersebut dibahas oleh Kepala Bakamla RI Laksdya Bakamla A. Taufiq. R, dalam pertemuan High Level Senior Official Meeting (SOM) di ABF Headquarter, Canberra, Jumat (29/3/2019).

Hadir dari pihak ABF yaitu ABF Commissioner Michael Outram APM, Commander Maritime Border Command Rear Admiral Lee Goddard dan Perwakilan ABF Kedutaan Australia di Indonesia Superintendent Benjamin Honey.

Mengawali pertemuan tersebut, Laksdya Taufiq memperkenalkan diri sebagai pimpinan baru Bakamla RI, berlanjut dengan pembahasan mengenai implementasi hasil Senior Official Meeting ke-2 yang telah dilaksanakan di Manado.

Pada pertemuan yang ketiga ini, kedua pimpinan bersepakat untuk meningkatan kerjasama dalam bidang capacity building dan human resources training, pelaksanaan information sharing yang efektif antar kedua Institusi khususnya dalam bidang maritime security, patroli bersama yang diikuti dengan exchange port visit antara Bakamla dan ABF dan pelaksanaan patroli terkoordinasi di Indonesia dengan melibatkan institusi lain dalam hal ini Bea Cukai dengan dibawah Koordinasi Bakamla.

Kerjasama keamanan ini merupakan kontribusi kedua negara kepada dunia international terutama perdagangan yang dilakukan lewat laut dengan mencegah, meminimalisasi dan menghadapi berbagai ancaman keamanan laut seperti halnya illegal, unregulated and unreported fishing, Perompakan, serta kejahatan terorganisir yang dilaksanakan di laut termasuk people smuggling.

Pertemuan ditutup dengan penandatanganan Record of Discussion antara Kabakamla dan ABF Commissioner.

Turut mendampingi Kepala Bakamla antara lain Atase Pertahanan Indonesia untuk Australia Laksma TNI R. Teguh Isgunanto, Kepala Zona Maritim Timur Laksma Bakamla Vetty V. Salakay, S.H MSi, Plh. Direktur Kerjasama Kolonel Bakamla Salim, Kasubbag TU Kepala Letkol Bakamla Ridwansyah, Kasie Pemantauan Data dan Jaringan Satelit Letkol Bakamla Tuti Ida Halida, S.T., M.I.T.M dan Staf Kedutaan Indonesia bidang Politik Nicolas Manoppo.***

 

Autentikasi : Kasubbag Humas Bakamla RI Letkol Bakamla Mardiono.

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.