Raih Harapan Satu Tingkat Nasional, SMPN 26 Pekanbaru Berbenah

Kepsek SMPN 26 Pekanbaru memperoleh penghargaan Juara Harapan I lomba sekolah sehat (LSS) 2018, kategori Bedt Performan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pekanbaru, Oketimes.com - Sukses ràih Juara Harapan I Sekolah Sehat Tingkat Nasional pada lomba yang digelar Jumat 26 Oktober 2018, di Jakarta, SMPN 26 Pekanbaru, siap berbenah.

Meski raihan ini cukup membanggakan ditengah segala keterbatasan, namun SMP yang beralamat di Jalan Kenanga Tenayan Raya Pekanbaru itu mengaku juara bukan sasaran utama.

"Kalau kita tanya hati tentu kita tak puas sampai disitu. Kita bukan juaranya yang menjadi sasaran utama. Tapi merobah mindset (kebiasaan) anak-anak kita ini dari yang tidak baik menjadi baik. Kan itu yang kita ciptakan," kata Kepala SMP Negeri 26 Pekanbaru Rahmalinda SPd MM saat dikonfirmasi, Selasa (30/10/18).

Kepsek mencontohkan, bagaimana membangun kesadaran siswa, agar membuang sampah pada tempatnya, bersih, teratur, disiplin, menghargai guru dan kebiasaan merokok menjadi tidak merokok lagi.

Rahmalinda berharap, juara harapàn 1 alias juara 4 sekolah sehat tingkat naisional yang diraih SMPN 26 Pekanbaru ini, bisa memacu semangat sekolah lain untuk berprestasi lebih baik lagi. "Mudah-mudahan pada 2019 nanti, sekolah lain terinspirasi dan meraih prestasi lebih baik sebagai sekolah sehat tingkat  nasional," ucapnya.

Kepsek mengaku siap berbagi informasi terhadap sekolah lain terkait apa saja yang dipersiapkan dalam menghadapi lomba sekolah nasional. Selain soal perilaku lanjut Rahmalinda, salah satu yang menjadi poin penilaian adalah sarana, yakni fisik sekolah.

Lomba ini sendiri tutur Rahmalinda, diikuti oleh 8 finalis di masing-masing tingkatan di seluruh Indonesia. Tingkat TK, SD, dan SMP, SMA masing masing 8 sekolah. "Dan alhamdulillah SMPN 26 Pekanbaru meraih juara harapan I kategori Bedt Performan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan," ujarnya.

Sebelumnya, tim verifikasi dari tiga Kementerian yang dipimpin Susinggih, mengunjungi SMPN 26 Pekanbaru pada 21 September 2018 lalu.

"Verifikasi lomba sekolah sehat sebagai tindak lanjut penilaian lomba sekolah sehat tingkat nasional bulan Juli 2018 lalu. Setelah diolah pusat, penelitian dan kebijakan Balitbang Dikbud, sekolah ini dinominasikan menjadi pemenang lomba sekolah sehat tingkat nasional," ucapnya.

Dipaparkan Susinggih, verifikasi meliputi sarana dan prasarana, sanitasi, menejemen pengelolaan limgkungan, sosialisasi UKS oleh pihak terkait seperti Puskesmas Dinas Kesehatan, BNN, Kepolisian dan dari masyarakat. (fin)


Editor    : Richared 


Tags :berita
Komentar Via Facebook :