Home / Pemerintahan / Tingkatkan Kualitas Penyusunan Program dan Anggaran, Bakamla RI Taja Bimbingan Teknis

Tingkatkan Kualitas Penyusunan Program dan Anggaran, Bakamla RI Taja Bimbingan Teknis

Tingkatkan Kualitas Penyusunan Program dan Anggaran, Bakamla RI Taja Bimbingan Teknis
Humas Bakamla RI For Oketimes.com
Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Bakamla RI Laksma TNI Eko Jokowiyono, SE, MSi serta dihadiri oleh Direktur Pertahanan dan Keamanan Bappenas R.M Dewo Broto Joko P, SH LLM, di Hotel All Season, Jakarta Pusat, Senin (27/08/2018).

Jakarta, Oketimes.com - Biro Perencanaan dan Organisasi Bakamla RI menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Perencanaan Program dan Anggaran Bakamla TA. 2018, yang dibuka oleh Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Bakamla RI Laksma TNI Eko Jokowiyono, SE, MSi serta dihadiri oleh Direktur Pertahanan dan Keamanan Bappenas R.M Dewo Broto Joko P, SH LLM, di Hotel All Season, Jakarta Pusat, Senin (27/08/2018).

Kegiatan ini digelar guna meningkatkan kualitas mekanisme penyusunan program dan anggaran di Lingkungan Bakamla RI, kata Laksma Eko dalam sambutan pembukaannya.

Langkah awal dari proses tersebut, ujarnya, yaitu tekad kuat bersama untuk memberikan sumbangsih terbaik bagi organisasi Bakamla, dan selanjutnya membekali diri dengan pengetahuan dan kompetensi yang memadai dalam hal perencanaan program dan anggaran.

Disampaikannya pula, bahwa penyusunan daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) tahun 2019 sudah dimulai sejak awal tahun 2018, dengan penyusunan usulan program kegiatan oleh tiap-tiap unit kerja, pelaksanaan rapat trilateral meeting bersama Bappenas dan DJA, penyusunan Renja Bakamla TA. 2019 melalui aplikasi Krisna, dan saat ini sedang dalam proses penyusunan RKA-K/L Bakamla TA. 2019.

Untuk penyusunan program kerja dan anggaran Bakamla TA 2019 ini sendiri, menggunakan Pendekatan Penganggaran Tematik – Holistik Integratif dan Spasial yang berbasis kinerja dan kerangka pengeluaran jangka menengah, yaitu model perencanaan Money Follow Program, jelasnya lebih lanjut.

Harapannya, seluruh kegiatan disusun secara relevan terpadu dan merata dengan fokus pencapaian Program Prioritas Nasional.

Menurut Laksma Eko, ada beberapa hal yang perlu ditindaklanjuti bersama dalam agenda Bimtek yang berlangsung mulai hari ini hingga Kamis (30/8/2018), yaitu mengikuti perubahan aturan terkait penyusunan dan pelaksanaan anggaran belanja negara yang sedang berjalan, pelajari dan pahami Grand Design Bakamla 2019-2045.

Sehingga unit kerja dapat mempersiapkan diri dalam mengikuti proses penyusunan Renstra 2020-2024, perlunya penyelarasan rencana program dan anggaran antar unit kerja agar lebih sinergis, perlunya tiap unit kerja mempersiapkan Rencana Kebutuhan Barang Milik Negara untuk 3 tahun ke depan, meningkatkan koordinasi, integrasi dan sosialisasi dalam merencanakan, melaksanakan, hingga mengevaluasi dan melaporkan seluruh program dan kegiatan secara berkala.

Terakhir dihimbaunya agar keterbatasan anggaran yang dialokasikan pemerintah tidak menyurutkan semangat untuk tetap berjuang membangun Bakamla.

Untuk membekali dan menambah wawasan terkait mekanisme penyusunan rencana program dan anggaran yang berkualitas dengan tetap memenuhi ketentuan peraturan perundangan yang berlaku kepada seluruh peserta Bimtek yang terdiri dari para pejabat Eselon III, IV dan staf unit kerja terkait, maka diundang nara sumber dari Kementerian PPN/Bappenas dan Ditjen Anggaran.***

Autentikasi : Kasubbag HUmas Bakamla RI, Mayor Marinir Mardiono.

 

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.