24 Anggota Pramuka SMAN 1 Bengkalis Lakukan Pengembaraan

Saat pelepaan Pengembaraan di SMAN 1 Bengkalis, Riau.

Bengkalis, Oketimes.com - Sebanyak 24 anggota Gerakan Pramuka Gugus Depan Bengkalis 01.01-01.002 Pangkalan SMA Negeri 1 Bengkalis, Sabtu 26 Agustus 2018, melakukan kegiatan pengembaraan dengan berjalan kaki sekitar 20 Km dari Kota Bengkalis menuju Pantai Selatbaru, Kecamatan Bantan.

Pengembaraan ini dilepas langsung Andalan Cabang 0404 Bengkalis, Jumali. Pada saat pelepasan Jumali, memberi semangat kepada peserta dan agar tetap menjaga kekompakan, tidak ego, menjaga kesehatan, kedisiplinan.

Tak kalah penting, kegiatan ini kata Jumali sebagai upaya untuk lebih mengenal alam bebas dan menyukuri ciptaan Allah SWT dan membersihkan lingkungan yang dilewati.

Rute perjalanan 24 anggota Pramuka yang dibagi dalam 4 sangga (kelompok) dimulai dari Kelurahan Bengkalis kota, Desa Senggoro, Desa Bantan Tua, Desa Pasiran, Desa Resam Lapis dan terakhir Desa Selatbaru.

Setelah melewati kelurahan dan desa-desa tersebut, antara pukul 21.00 WIB hingga 22.00 WIB, satu persatu sangga (kelompok) Pengembaraan tiba di Pantai Selatbaru.    

"Alhamdulillah, tadi malam sekitar pukul 21 dan 22, anak-anak tiba di lokasi," ungkap Pembina Pramuka SMAN 1 Bengkalis Ratna Hendri Astusi, Minggu 26 Agustus.

Dikatakan Ratna, dalam dalam perjalanan tidak ada kendala apapun. Para anggota Pramuka dapat memetik pengalaman. "Tujuan diadakan program tersebut untuk melatih sikap kedewasaan siswa, meningkatkan kepedulian sosial, dan sarana melengkapi syarat ujian pramuka tingkat laksana. Upaya mendewasakan siswa dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti melalui kegiaan ini," ujarnya.

Dikatakan Ratna, dalam kegiatan ini peserta akan mendapatkan badge Ambalan yang akan ditempuh dengan melalui beberapa halang rintang yg tlh disiapkan oleh sangga kerja (panitia).

"Peserta juga akan bisa mengisi  SKU (syarat-syarat kecakapan umum) untuk Pramuka penegak tingkat laksana," ujarnya.

Adapun kegiatan selama di Pantai Selatbaru, 24 anggota Pramuka SMAN 1 Bengkalis ini membersihkan pantai, kemudian dilanjutkan pelantikan pemasangan badge Ambalan Sultan Syarif Kasim dan Cut Nyak Dien serta UPC.***


Tags :berita
Komentar Via Facebook :