Kadistan Kampar: Waspadai Pupuk dan Pestisida Palsu

pupuk palsu

BANGKINANG, riaueditor.com- Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kampar Cokroaminoto melalui riaueditor.com menghimbau kepada warga Kampar terutama pelaku pertanian untuk mewaspadai penjualan pupuk dan pestisida secara murah. Saat ini banyak pupuk palsu beredar di wilayah Kabupaten Kampar.

"Sebelum membeli  pupuk atau  pestisda sebaiknya para petani berhati-hati," ujar Cokro.

Saat ini, kata Cokro, banyak produk pupuk dan pestisida yang diperjualbelikan secara murah beredar di tengah masyarakat. Pupuk dan pertisida kebanyakan merupakan pupuk palsu, katanya. katanya  kepada  Wartawan  di ruang kerjanya, Kamis  (4/9).

"Saat ini banyak sekali merk pupuk dan pestisida yang ditawarkan oleh produsen di pasaran merupakan produk palsu," ucapnya

Jadi jika para petani hendak membeli pupuk atau pestisida dalam jumlah banyak sebaiknya perlu dilakukan uji labor terlebih dulu guna mendapatkan kepastian. Uji labor ini diantaranya bisa dilakukan di labor Universitas Riau di Pekanbaru.

"Hati-hati membeli pupuk, jangan tergiur dengan murahnya harga," ujarnya.

Dinas Pertanian Kabupaten Kampar baru-baru ini telah melakukan rapat koordinasi dengan sejumlah aparat penegak hukum guna mencegah maraknya peredaran pupuk palsu dan pestisida.

"Belilah pupuk dan pestisida di kios, penyalur atau pengecer resmi yang memiliki Izin, HO,  merk dan stempel asli," katanya.

Jika masih  ragu terhadap produk pupuk dan pestisida para petani bisa menyampaikan kepada petugas Dinas Pertanian di lapangan yakni Petugas Pengendali Organisme dan Penganggu atau UPTD setempat. Dan Jika ada laporan adanya pupuk palsu dan pestisida palsu, maka petugas dari dinas Pertanian dan pihak terkait lainnya turun kelapangan menelusuri hal tersebut, ujar Cokro. (sy)

Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait