Lestarikan Permainan Tradisional, Syamsuar Apresiasi Turnamen Gasing dan Layangan

Bupati Siak Drs H Syamsuar, MSI saat membuka dan menyaksikan turnamen gasing dan layangan di lapangan bola Simpang Kwalian, Kelurahan Kampung Rempak Siak, Kamis (11/5/17).

Siak, Oketimes.com - Dalam rangka melestarikan permainan tradisional, Masyarakat Peduli Kabupaten Siak (MPKS) menggelar turnamen gasing dan layang-layang, bertempat di lapangan bola Simpang Kwalian, Kelurahan Kampung Rempak Siak, Kamis (11/5/17).

Dalam turnamen gasing dan layang-layang ini, tidak hanya diikuti oleh klub yang berasal dari kabupaten Siak saja, akan tetapi juga diikuti oleh kabupaten lainnya, seperti Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Meranti, Kota Dumai dan Kabupaten Pelalawan.

Saat membuka turnamen gasing dan layang-layang tersebut, Bupati Siak Syamsuar mengatakan bahwa yang dicari wisatawan ke Siak adalah sesuatu yang tidak ada di tempat mereka, seperti halnya permainan gasing ini.

"Saya senang sekali, saya harapkan ini menjadi iven tahunan. Jangan sampai sekali saja digelar, karna ini merupakan permainan tradisional melayu," kata Syamsuar disela-sela acara digelar.

Selain itu, ia sedikit menceritakan bahwa beberapa waktu yang lalu, dirinya diundang untuk mengikuti Rapat Kerja Nasional Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) di Bali, lantaran kabupaten Siak sudah masuk didalam JKPI. Sehingga permainan gasing ini di request langsung oleh pihak JKPI agar di tampilkan pada acara tersebut.

Menurut Syamsuar, JKPI juga mengharapkan, agar permainan gasing ini bukan hanya menjadi permainan daerah, akan tetapi juga menjadi permainan nasional bahkan permainan dunia.

Sebelum menutup sambutannya, orang yang kerap di panggil Bang Syam ini, mengharapkan kepada anak-anak yang menjadi generasi penerus bangsa, agar jangan melupakan permainan daerah ini. "Mari kita bersama-sama untuk melestarikan permainan tradisional ini," pungkasnya. (man)


Tags :berita
Komentar Via Facebook :