Digempur Konflik, Ekonomi Pakistan Terus Membaik

OKETIMES.COM-- Menteri Federal untuk Perencanaan, Pembangunan dan Reformasi sekaligus Wakil Ketua Komisi Perencaan Pakistan Ahsan Iqbal menjadi wakil negaranya dalam acara Open Government Partnership (OGP) pada 6 hingga 7 Mei di Bali. Dalam kesempatan itu, Iqbal menjelaskan bahwa meski tengah mengalami konflik, Pakistan mengalami kemajuan dalam bidang ekonomi.

"Pemerintah berkomitmen untuk lebih terbuka dan transparan. Meskipun banyak tantangan yang dihadapi oleh negara dibidang sosial-ekonomi, kini kami berada dalam jalur pemulihan, reformasi, dan pembangunan," kata Iqbal sebuah dalam press release.

Selain itu, Iqbal mengatakan kejadian yang terjadi selama ini di Pakistan membuat pemerintah ingin bergerak maju ke panggung pemerintahan yang terbuka. Selain itu, Pakistan akan melibatkan masyarakat untuk mengawasi dan mengembangkan kegiatan ekonomi di negara itu agar angka korupsi terus berkurang.

"Posisi Pakistan kini turun ke peringkat 12 dalam jajaran Indeks Persepsi Korupsi - Transparency International," kata Iqbal.

Sejumlah program juga telah direncanakan oleh pemerintah. Iqbal menjelaskan, program ini adalah bentuk bahwa pemerintah Pakistan bisa transparan dan "mempercayai" rakyatnya.

Program pertama adalah Open and Big Data. Program ini  adalah tempat untuk memasukan data-data dari setiap perusahaan pemerintah.  Kemudian data-data itu akan masuk ke dalam program Open Data Initiative yang bisa dilihat oleh masyarakat. Terakhir, adalah program Big Data Initiative sebagai upman balik yang diberikan oleh masyarakat umum mengenai inisiatif kebijakan dan pengembangan pemerintah di bidang ekonomi.tempo.co/oke


Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait