Home / Hukrim / Lagi, Kejati Riau Tahan 2 Tersangka Dugaan Korupsi RTH Pekanbaru

Tersangka Mantan Kadis dan YJB Kontraktor RTH

Lagi, Kejati Riau Tahan 2 Tersangka Dugaan Korupsi RTH Pekanbaru

Lagi, Kejati Riau Tahan 2 Tersangka Dugaan Korupsi RTH Pekanbaru
Ist
Acungkan Jempol: Sebelum digiring ke rutan, DAS mantan Kadis Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Provinsi Riau, mengacungkan Jempol kepada awak media ketika mengabadikan moment tersebut saat menaiki mobil tahanan untuk dititipkan ke Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru, pasca Tipidsus Kejati Riau, melakukan penahanannya, Rabu (29/11/2017) siang.

Pekanbaru, Oketimes.com - Setelah berhasil menahan satu tersangka dugaan korupsi proyek RTH dan Tugu Tunjuk Ajar Integritas Pekanbaru, kini giliran mantan Kadis Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Provinsi Riau dan seorang kontraktor yang ditahan Tipidsus Kejati Riau, Rabu(29/11/2017) siang.       

Kedua tersangka tersebut, berinisial DAS (52) mantan Kadis (PKPP) Riau selaku kuasa pengguna anggaran (KPA) dan YJB selaku kontraktor pelaksana PT Bumi Riau Lestari yang mengerjakan proyek RTH dan Tugu Tunjuk Ajar Integritas Pekanbaru senilai Rp 8.021.689.000,00.-        

Asisten Tindak Pidana Khusus (Tipidsus) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau, Sugeng Riyanta pada awak media Rabu (29/11/2017) siang mengatakan, kedua tersangka tersebut dilakukan penahanan, lantaran kedua tersangka bersama seorang tersangka RM yang sebelumnya sudah ditahan memiliki peran penting dalam dugaan kasus korupsi tersebut dibanding 15 tersangka yang saat ini masih dalam penyidikan.

"Ketiga tersangka yang kita tahan ini memiliki peran yang penting dan bisa dikatakan sebagai intelektual Dader," ungkap Sugeng menjawab pertanyaan awak media di kantornya, rabu siang.
   
Dijelaskan Sugeng, sebelum dilakukan penahanan, keduanya telah menjalani pemeriksaan penyidik sejak pukul 09.30 WIB pagi. Setelah usai proses administrasi, keduanya langsung digiring untuk ditahan. Artinya, sudah ada tiga tersangka dari total 18 orang yang telah ditahan sampai saat ini.

"YJB ini selaku pihak swasta yang meminjam bendera (perusahaan, red) dari tersangka lainnya berinisial K untuk mengerjakan proyek tersebut, dimana sesuai hasil Lab, barang tidak suspect, kemudian perolehan pekerjaan melanggar hukum," ulas Sugeng.

Dari hasil pantauan, tersangka DAS keluar dari gedung Tipidsus Kejati Riau dengan mengenakan rompi tahanan berwarna oranye, sekitar pukul 14.30 WIB dan langsung masuk ke mobil tahanan Kejati Riau tanpa mengeluarkan sepatah kata menjawab pertanyaan media.

Tersangka DAS dan YJB menaiki mobil tahanan untuk dititipkan ke Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru untuk menjalani penahanan sementara, sebelum kasusnya selesai dan masuk tahap persidangan.

Sebelum meninggalkan Kejati Riau, DAS sempat memberikan tanda jempol kepada awak media yang mengabadikan fotonya. Bahkan tersangka juga sempat melambaikan tangannya sebelum mobil berangkat meninggalkan gedung. (ars)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.