Lulus Predikat Cum Laude

Kompol Arief Fajar Satria Raih Gelar Doktor Ilmu Hukum

Kompol Arief Fajar Satria, SIK.SH.MH meraih gelar Doktor Ilmu Hukum di Program Pasca Sarjana Universitas Islam Bandung. Dengan predikat Yudisium Cum Laude, Wakil Kepala Resort (Wakapolres) Siak ini mengikuti prosesi wisuda di Kota Kembang Jakarta Barat, Rabu (12/08/2015).

Pekanbaru, OKETIMES.COM - Di-usianya yang tergolong muda, Kompol Arief Fajar Satria, SIK.SH.MH meraih gelar Doktor Ilmu Hukum di Program Pasca Sarjana Universitas Islam Bandung. Dengan predikat Yudisium Cum Laude, Wakil Kepala Resort (Wakapolres) Siak ini mengikuti prosesi wisuda di Kota Kembang Jakarta Barat, Rabu (12/08/2015).

" Meski bersusah payah, alhamdulillah tercapai juga. Pendidikan strata 3 ini berhasil saya jalani selama dua tahun, jadi lebih cepat satu tahun dari yang direncanakan. Mudah-mudahan ilmu yang saya raih bisa bermanfaat di Korps Polri dan dapat diimplementasikan kepada masyarakat luas," kata Arief usai wisuda.

Mantan Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru tersebut menambahkan, dirinya mengambil disertasi dengan judul " Kebijakan Hukum Pada Tahap Penyidikan Perkara Anak Berdasarkan UU No 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak, Guna Terwujudnya Kepastian Hukum dan Keadilan". Menganai studi kasusnya, Arief mengangkat penyidikan perkara geng motor di Polresta Pekanbaru.
 
Atas kegigihannya, Arief dinyatakan lulus dengan hasil yang sangat memuaskan. Sertifikat kelulusan sidang promosi doktor tersebut ditandatangani oleh Direktur Program Pascasarjana Universitas Islam Bandung Prof Dr H Dey Revera SH MH dan Ketua Program Studi Ilmu Hukum Prof Dr Nandang Sambas SH, MH.

" Saya sangat berterima kasih kepada orangtua dan keluarga serta para pejabat Polda Riau, Kapolres Siak AKBP Ino yang memberikan dorongan sehingga bisa meraih gelar Doktor. Selain itu saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada guru besar di Universitas Islam Bandung dalam menuntun dan mengajar ilmu hukum, terakhir tentunya kepada rekan-rekan media dan lainnya yang tidak bisa saya sebut satu per satu," pungkasnya.

Dalam riwayat hidupnya, pria kelahiran 25 Juni 1978 ini pernah menempuh pendidikan SDN Wergu Kulon 1 Kudus, SMPN 1 Kudus, dan SMUN 2 Kudus. Lalu, Arief melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Universitas Bhayangkara Jakarta Ilmu Hukum pada tahun 2009 dan program strata 2 Hukum Pidana di Universitas Islam Riau.

Untuk di Polri, Arief menempuh pendidikan khusus di Akademi Kepolisian tahun 2001 dan Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian tahun 2009.

Sementara karirnya di Polri sejak tahun 2002 hingga 2008, Arief pernah menjabat sebagai Pamapta A Polres Gorontalo, Kanit Reskrim Polsek Manado Tengah, Waka Polsek Wenang Poltabes Manado, Kapolsek Sario, Kasat Reskrim Polres Sangihe, KBO Sat Reskrim Poltabes Manado, Kapolsek Wenang.

Selanjutnya, Panit 5 Sat Ops I Dit Reskrim Polda Sulut, Kapolsek Malayang. Di penghujung tahun 2009, Arief pindah tugas ke wilayah Polda Riau dan menjabat sebagai Kapolsek Mandau, lalu Kasat Reskrim Polres Kampar, Kasat Reskrim Polres Bengkalis, Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru dan terakhir dipercaya mengisi jabatan Wakapolres Siak. (TripelX)


Tags :berita
Komentar Via Facebook :