Belum Satu Bulan 83 Kasus, Harusnya Pekanbaru Masuk Status KLB DBD

Belum Satu Bulan 83 Kasus, Harusnya Pekanbaru Masuk Status KLB DBD

PEKANBARU, oketimes.com- Belum genap satu bulan, selama Januari 2015 ini saja sudah 83 orang terserang Demam Berdarah Dangue (DBD). DPRD menilai harusnya Pekanbaru masuk status Kejadian Luar Biasa (KLB) DBD.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Ketua Komisi III DPRD Kota Pekanbaru, Ir Nofrizal MM. Ia mengaku sepanjang tahun 2015 yang belum genap satu bulan sudah 83 warga yang terserang DBD.

"Ini luar biasa, sepengetahuan saya sepanjang tahun 2014 terserang DBD ada 207 orang. Harusnya dengan begitu Pekanbaru sudah memasuki status KLB DBD," kata Nofrizal ketika ditemui di kantornya, Kamis (29/1)

Untuk mengatasi hal itu, politisi PAN ini minta Diskes kota Pekanbaru terus menggalakkan upaya pengobatan serta sosialisasi berupa himbauan ke masyarakat untuk melakukan pola hidup bersih dan sehat.

"DBD harus diantisipasi sejak dini, jangan dibiarkan. Itu baru satu bulan. Jika tidak diantisipasi segera bayangkan berapa korban lagi yang akan terkena DBD," pinta Nofrizal.

Sementara itu, anggota Komisi III lainnya H Marlis Kasim mengatakan hal paling penting untuk mengantisipasi DBD adalah meningkatkan pola hidup bersih dan sehat. Mulai dari pola makan serta lingkungan yang bersih.

"Ini penting untuk mencegah penyebaran penyakit yang disebabkan nyamuk Aedes Aegypti ini agar tak terus memakan korban," ujarnya

Sementara itu, mengetahui jumlah kasus DBD diungkapkan langsung Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru, Helda S Munir mengaku jumlah warga kota Pekanbaru yang terserang penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) sejak Januari 2015 hingga kini mencapai 83 orang. (eza)


Tags :berita
Komentar Via Facebook :