KPU Riau Lakukan Persiapan Jelang Pemilukada Serentak

PEKANBARU, oketimes.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau, terus melakukan persiapan jelang pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) serentak di 4 Kabupaten Kota di Riau, pada bulan Oktober 2015 ini.

Informasi ini disampaikan langsung oleh Anggota KPU Riau, Abdul Hamid kepada wartawan. Dikatakannya, kesiapan pesta demokrasi rakyat ke 4 Kabupaten Kota tersebut  yakni Indragiri Hulu, Bengkalis, Kepulauan Meranti dan Kota Dumai, tahapannya sudah disampaikan oleh KPU Riau kepada, Plt Gubri Asyadjuliandi Rachman.

"Kita sudah laporkan, dan mendiskusikan kesiapan pelaksanaan rencana Pilkada serentak ini. Sejauh mana kesiapan empat daerah tersebut, termasuk anggaran yang akan digunakan pada pelaksanaanya," katanya, Selasa (27/1).

Disinggung mengenai anggaran Pilkada serentak di 4 Kabupaten Kota tersebut apakah sudah dianggarkan di KPU Riau, Abdul Hamid, mengatakan belum masuk di APBD murni. Namun di seluruh Daerah ini sudah ada anggaran di APBD daerah masing-masing.

"Sebenarnya sudah kita koordinasikan dengan kabupaten kota dan mereka sudah menganggarkannya. Tapi Juga akan menganggarkannya di perubahan, masih bisa dianggarakn," jelas Abdul Hamid.

Sementara itu, untuk calon Bupati dan Walikota untuk tahun 2015 ini, hanya calon tunggal, tidak didampingi oleh Wakil Bupati dan Wakil Walikota. Semua calon yang maju hanya satu Bupati dan Walikota, sesuai dengan Undang-undang yang baru. Sedangkan untuk calon Independen bisa mengajukan jika memiliki 5 persen pendukung dari jumlah suara.

"Hanya calon tunggal yang mengikuti Pilkada tahun ini. Tidak ada lagi wakil Bupati maupun wakil Walikota," tegasnya.

Untuk pelaksanaan Pilkada sendiri tetal mengacu kepada Pemilihan Bupati Langsung Serentak berdasarkan Peraturan Pengganti UU RI Nomor 1/2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota yang dipilih langsung oleh masyarakat.(dea)


Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait