Penerbangan di Bandara SSK II Pekanbaru Lumpuh

PEKANBARU, oketimes.com- Jumlah titik api/titik panas (hotspot) di Provinsi Riau hari ini Senin (24/2) makin dahsyat mencapai 1.234 titik.
Ini rekor hotspot yang sangat fantastis dalam sejarah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Riau sejak era kepemimpinan Gubernur Riau Soeripto, Saleh Djasit, Rusli Zainal, dan Annas Maamun sekarang ini.

Menurut keterangan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru Sugarin, di Pulau Sumatera hari ini Senin (24/2) pukul 07.00 WIB, jumlah hotspot mencapai 1.398 titik di mana 1.234 titik di antaranya berada di Provinsi Riau.

Jumlah hotspot terbanyak di Riau hari ini berada di Kabupaten Bengkalis sebanyak 515 titik, menyusul Kabupaten Siak 208, Kepulauan Meranti 141 titik, Dumai 126 titik, Pelalawan 118 titik, Indragiri Hilir 74 titik, Rokan Hilir 48 titik, Indragiri Hulu 4 titik dengan tingkat kepercayaan terjadi kekakaran 81-100 persen adalah 641 titik.

"Cuaca di Riau pada umumnya cerah berawan serta diselimuti kabut asap dengan jarak pandang pada pukul 07.00 WIB 500 meter," kata Sugarin.

Sementara dalam pengamatan oketimes.com di bandara SSK II Pekanbaru Senin pagi tadi (24/2) mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 09.50 WIB sejumlah penerbangan di bandara Sultan Syarif Kasim II (SSK II) Pekanbaru lumpuh 12 penerbangan ditunda (delay) dan dialihkan (divert) ke tempat lain.

Penerbangan yang ditunda yakni Garuda Indonesia Airways (GIA) dari Jakarta-Pekanbaru, dan Lion Air Jakarta-Pekanbaru. Sementara maskapai penerbangan City Link dari Jakarta-Pekanbaru dialihkan ke bandara lain. Sementara Silk Air dari Singapura-Pekanbaru dibatalkan. Lion Air dari Batam-Pekanbaru ditunda.

Sejak Kamis dan Jumat pekan kemarin (20/2) dan (21/2) sejumlah siswa di Pekanbaru diliburkan karena kabut asap tersebut. Siswa yang diliburkan antara lain siswa MTs Jalan Diponegoro Pekanbaru dan siswa SMAN 5 Jalan Belimbing Pekanbaru.

Kemudian dari pantauan alat pencatat kualitas udara Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) di depan Kantor Wali Kota Pekanbaru kualitas udara Pekanbaru hari ini Senin (24/2) pukul 07.00 WIB Tidak Sehat.(mp/re/oke)


Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait