BPBD Tangani Kabut Asap Bersama BMKG

PEKANBARU,oketimes.com- Dalam menangani kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau terus berkoordinasi dengan Badan Menteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Riau  untuk merencanakan program hujan buatan atau Tekhnik Modifikasi Cuaca (TMC).

Hal ini disampaikan langsung Kepala BPBD Riau, Said Saqlul Amri mengatakan, untuk jalur darat, penanganan kabut asap masih menggantungkan harapan melalui regu pemadam.

"Regu pemadaman itu yang terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial, unsur TNI/Polri dan relawan yang dibentuk disetiap Kabupaten/Kota,"katanya akhir pekan lalu.

Selain berkoordinasi dengan BMKG, BPBD Riau juga menurunkan tiga tim khusus untuk memadamkan api akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Tim ini akan diturunkan di daerah yang memiliki titik api terbanyak.
 
"Tim ini terdiri BPBD, Dinas Sosial dan Aparat Keamanan,"tegasnya.

Untuk merencanakan program hujan buatan atau Tekhnik Modifikasi Cuaca (TMC).
Terkait sistim pemadaman api sendiri kata Saqlul, dapat dilakukan dengan jalur udara dan darat. "Jalur udara, dengan menggunakan sistim water boombing atau bom air melalui helikopter,"ujarnya. (RE/Oke)


Tags :berita
Komentar Via Facebook :