Nelayan Kepri Diminta Waspadai Gelombang dan Arus Kencang

BATAM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Hang Nadim Batam Kepulauan Riau memperingatkan pengguna transportasi laut dan nelayan untuk berhati-hati dengan gelombang tinggi dan arus laut yang relatif kencang di Perairan Kepri pada Ahad (16/11).

"Kondisi cuaca masih kondusif untuk transportasi darat dan udara. Untuk transportasi laut diimbau berhati-hati, terutama di wilayah Anambas dan Natuna," kata Prakirawan BMKG Batam Sabila Rahmabudhi. Ia memperkirakan gelombang di Perairan Natuna dan Anambas mencapai 2,5 meter dengan kecepatan arus 68 cm per detik arah barat laut.

BMKG memprakirakan cuaca di Kepri berawan dan berpeluang terjadi hujan ringan. Ia mengatakan terdapat daerah pusat tekanan rendah di sebelah timur wilayah Malaysia yang menyebabkan massa udara tertarik ke wilayah itu, hingga terjadi daerah belokan angin dan pengumpulan massa udara di wilayah Kepri.

Secara detail, BMKG memprakirakan cuaca wilayah Kota Batam pada Ahad pagi berawan hujan ringan, siang berawan dan malam kembali berawan hujan ringan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 35 kilometer per jam arah barat laut. Suhu udara di Batam antara 23 sampai 33 derajat Celcius dengan kelembaban 57 sampai 94 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Batam diperkirakan 0,5 sampai dua meter.

Cuaca di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan pada Ahad pagi berawan hujan ringan, siang berawan dan malam kembali berawan hujan ringan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 32 kilometer per jam arah barat laut. Suhu udara Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan antara 23 sampai 32 derajat Celcius dengan kelembaban 58 sampai 95 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Pulau Bintan diperkirakan 0,5 sampai 1,5 meter.

Karimun pada Minggu pagi berawan hujan ringan, siang berawan dan malam kembali berawan hujan ringan. Kecepatan angin mencapai lima sampai 30 kilometer per jam arah barat. Suhu udara di Karimun antara 23 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembaban 70 sampai 95 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Karimun diperkirakan 0,5 sampai 1,3 meter. (ROL)


Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait