Permintaan Meningkat, Usaha Pengrajin Batik Nagori Kuansing Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Salah satu usaha batik Nagori milik Surmayanti saat dikunjungi gerainya batiknya di Jalan Lintas Sumatra Desa Kampung Baru kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi, Riau, Sabtu (20/06/2021).

Teluk Kuantan, Oketimes.com - Semenjak Bupati Kuansing Andi Putra mengimbau para ASN agar turut mendukung mempertahankan budaya lokal, khususnya kebaradaan batik Nagori, permintaan pembuatan batik di Kuansing meningkat tajam.

Hal itu diakui pemilik batik jalur batik Nagori Surmayanti kepada awak media pada Sabtu (20/06/2021) malam saat berkunjung digerainya batiknya di Jalan Lintas Sumatra Desa Kampung Baru kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi.

Dia mengatakan saat ini telah memperkerjakan 23 orang pengrajin batik khas Kuansing, dna hal tersebut tidak terlepas dengan adanya himbauan Bupati Kuansing.

Surmayanti juga mengatakan untuk menjamin kelestarian Batik Kuansing, agar tidak diklaim pihak lain, ia mengaku hingga kini sudah mematenkan 8 motif khas Batik Kuansing.

"Ini karya tangan asli para pengrajin batik di Kuansing. Kami tidak ingin ada pihak lain yang mengklaim, makanya kami langsung patenkan motif-motif batik Nagori Kuansing ini ke Direktorat HAKI Kemenkumham," ungkapnya.

Selain itu, dia juga menuturkan bahwa di masa pandemi ini, para pengrajin batik tidak kesulitan ekonomi, bahkan malah meningkat.

Menurutnya, dengan banyaknya permintaan batik Kuansing. Apalagi sudah ada himbauan bupati Kuansing kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) supaya setiap hari Jum'at untuk menggunakan batik khas Kuansing.

"Apabila makin banyak ASN yang berbelanja batik lokal, maka perputaran uang di ruang lingkup Kuansing saja. Intinya dapat mengurangi angka pengangguran serta masyarakat makin sejahtera," ucap Surmayanti.

Bahkan lanjut Surmayanti, jika perlu orang luar Kuansing, membeli produk Kuansing baik Batik Kuansing maupun makanan khas daerah Kuansing. Serta kita galakkan lagi untuk promosi objek wisata Kuansing Ujar mantan kassubag umum kantor bupati Kuansing.

Terakhir Surmayanti, menambahkan biasanya para ASN untuk membeli batik harus ke luar kota, sedangkan saat ini sudah tersedia di kabupaten Kuansing gerai batik jalur batik nagori khusus batik Kuansing.

"Tidak susah lagi didapatkan hanya perlu kunjungi Gerainya, Instagram dan Facebook “batik jalur batik nagori” dan Wa 081365364920," paparnya.

Pada kesempatan sama, salah seorang pengrajin batik Dewi yang juga karyawan batik jalur batik nagori beralamat di Desa Kampung Baru Kecamatan Gunung Toar, menyebutkan semenjak adanya himbauan Bupati Kuansing terhadap ASN kedepannya mengharuskan memakai batik khas Kuansing. Permintaan pembuatan batik meningkat saat ini.

Menurutnya, batik jalur batik Nagori ini merupakan binaan dari dinas Disperindagkop Kuansing dan dia bersyukur dengan adanya himbauan Bupati Kuansing kedepannya mengharuskan ASN memakai batik khas Kuansing permintaan pembuatan batik meningkat.

"Dengan adanya usaha batik ini, sangat membantu perekonomian masyarakat dan keluarga ikut terbantu," pungkas Dewi.***

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait