Tinjau Posko Terpadu Chek Point Perbatasan Riau-Sumbar, Ini Pesan Kapolda Riau ke Petugas

Kapolda Riau Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendi SH, SIK, M.Si bersama Forkopimda Riau, melakukan pengecekan kondisi Jalur Lintas Barat dan Posko Terpadu Chek Point Pemeriksaan dan Pencegahan Covid-19 di Jalan Lintas Riau - Sumbar KM 102 Desa Tanjung Alai Kec. XIII Koto Kampar, Rabu (28/10/2020).

KAMPAR, Oketimes.com - Hari pertama masa libur bersama, Kapolda Riau Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendi SH, SIK, M.Si bersama Forkopimda Riau, melakukan pengecekan kondisi Jalur Lintas Barat dan Posko Terpadu Chek Point Pemeriksaan dan Pencegahan Covid-19 di Jalan Lintas Riau - Sumbar KM 102 Desa Tanjung Alai Kec. XIII Koto Kampar, Rabu siang (28/10/2020).

Sebelum tiba di Pos Check Point ini, Kapolda bersama rombongan menyempatkan waktu meninjau kondisi Jalan longsor di KM 92 Jalan Lintas Riau - Sumbar.

Dari hasil pengecekan, separoh bagian jalan mengalami amblas dan retak-retak, sehingga dilakukan system buka tutup secara bergantian dari kedua arah untuk kendaraan ringan, sementara untuk kendaraan berat seperti truk diarahkan melewati jalur alternatif melewati Kiliran Jao, Kuansing, Riau.

Turut hadir bersama Gubernur Riau Drs H Syamsuar, Danrem 031/ Wira Bima Brigjen TNI M. Syech Ismed SE, M.Han, Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka ST, MM, Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto SH, Kapolres Kampar AKBP Mohammad Kholid SIK, Sekdakab. Kampar Drs. H. Yusri M.Si, Dandim 0313/ KPR Letkol Inf Leo Octavianus S.Sos, MI.Pol serta Upika XIII Koto Kampar, Riau.

Pada Pos Check Point ini, rombongan melakukan peninjauan terkait pelaksanaan tugas para personel gabungan yang ditugaskan, serta memberikan arahan tentang pelaksanaan tugas yang harus dilakukan para personel gabungan di Pos Check Point ini.

Kapolda Riau Irjen Agung Setia Imam Effendi SH SIK MSI bersama Forkopimda Riau dipimpin oleh Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar MSi, juga Danrem 031/WB Brigjen TNI M. Syech Ismed, M.Han pada Rabu (28/10/2020) sore sekira pukul 15.00 Wib s.d 16.00 WIB, melaksanakan pengecekan Pos Check Point Perbatasan di wilayah XIII kab. Koto kampar, Riau.

Maksud dan tujuan untuk meninjau serta mengecek kesiapan pelaksanaan pos check point serta mengantisipasi terjadinya peningkatan penyebaran Covid-19 di provinsi riau selama masa libur panjang dan cuti bersama serta memastikan para pengunjung daerah lain yang masuk ke provinsi riau dalam keadaan sehat.

Pada pengecekan pos check point itu, Forkopimda Riau melaksanakan penyerahan alat pelindung diri (APD) berupa 10.000 masker dan 4 krat minuman bear brand yang nantinya dapat diberikan kepada masyarakat/ pengunjung yang masuk ke provinsi Riau serta kepada personel yang bertugas di pos check point.

Selain itu, Irjen Pol Agung memberikan pesan kepada para petugas yang berjaga di perbatasan, agar tetap bersemangat dalam bertugas.

Polda Riau sendiri mendirikan 6 Pos perbatasan diantaranya perbatasan Riau Sumbar di Kampar dan di Kuansing, perbatasan Riau Sumut di Rohil, Perbatasan Riau Jambi di Inhil, dan perbatasan Riau Kepri di Meranti dan Dumai sebagai upaya antisipasi.

Kegiatan ditutup dengan pelaksanaan door stop bersama awak media, dengan Gubernur Riau H Syamsuar, menyampaikan bahwa hari ini Forkopimda Riau meninjau chcek point yang ada, dalam rangka mengecek kesiapan maupun pelaksanaan pengawasaan yang ada diperbatasan posko XIIi Koto Kampar.

"Termasuk tadi kita juga sudah meninjau salah satu jalan yang mengalami longsor. Kami sama-sama berharap bahwa penyelesaian Jalan longsor tersebut, cepat diselesaikan karena akan mengganggu percepatan pemasukan barang maupun yang lainnya dari riau ke Sumatera Barat dan dari Sumatera Barat ke Provinsi Riau," kata Syamsuar.  

Gubri juga mengucapkan terima kasih kepada Pemda Kampar dan Forkopimda Kabupaten Kampar yang telah membantu menyiapkan pos ini, dengan harapan bersama Provinsi Sumatera Barat, dapat menjaga penyebaran covid-19 pada saat libur panjang, sehingga nantinya tidak menambah peningkatan covid-19 selama masa libur. "Ini semua merupakan kepentingan kita semua," kata Gubri.   

Informasi tambahan, Posko tersebut mencatat semua tujuan dari setiap pendatang dan mengecek suhu tubuh bagi bagi para pendatang, Posko ini akan terus beroperasional sampai dengan waktu yang belum ditentukan.***

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait