Sudah Beraksi 25 Kali di Pekanbaru

Polsek Tampan Ringkus Pembobol ATM Modus Ganjal Lidi

Kapolsek Tampan Kompol Hotmartua Ambarita S.H, S.I.K, M.H saat menggelar konferensi pers pengungkapan pembobol rekening nasabah bank modus ganjal ATM Jumat (18/09/2020) di Mapolsek Tampan.

PEKANBARU, Oketimes.com - Kepolisian Sektor Tampan Resta Pekanbaru berhasil meringkus komplotan pembobol rekening nasabah bank modus ganjal ATM dengan lidi yang sudah beraksi di 25 kali Kota Pekanbaru pada Selasa (15/9/2020).

Komplotan tersebut berhasil diringkus petugas, usai melakukan aksinya di gerai ATM di SPBU Jalan SM Amin Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru pada Selasa dini hari.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H. Nandang Mu’min Wijaya, S.I.K, M.H, melalui Kapolsek Tampan Kompol Hotmartua Ambarita S.H, S.I.K, M.H, mengatakan tiga pelaku pembobol rekening bank modus ganjal ATM berhasil yang diamankan yakni tersangka berinisial A alias A bin S (38), R alias D bin A (43), R alias E bin E (44) pada Selasa (15/9/2020) dini hari sekitar pukul 05.00 WIB.

"Ketiga pelaku merupakan warga Kota Pekanbaru yang ditangkap Tim Opsnal Polsek Tampan pada Selasa (15/9/2020) dini hari," kata Kapolsek Tampan Kompol Hotmartua Ambarita S.H, S.I.K, M.H dalam konferensi persnya pada Jumat (18/9/2020) di Malpolse Tampan.

Dijelaskan Kompol Hotmartua Ambarita, penangkapan ketiga pelaku dilakukan atas adanya laporan dari salah satu korbannya berinisial FS (56) Purnawirawan TNI yang melapor peristiwa yang dialami pada Senin 14 September 2020.

"Korban FS menjadi korban kejahatan pelaku di gerai ATM di SPBU Jalan SM Amin Kota Pekanbaru pada Sabtu (12/9/2020) sore, sehingga korban dirugikan sebesar Rp3,4 juta," terang Kapolsek.

Laporan tersebut langsung diresponnya dan memerintahkan Tim Opsnal untuk melakukan penyelidikan dan penangkapan terhadap pelaku.

Ketiga pelaku berhasil diamankan saat berada di Perumahan Purwodadi Indah Permai Blok A Kelurahan Sidomulyo Barat Kecamatan Tampan Pekanbaru.

"Atas keterangan ketiga pelaku mengakui telah melakukan aksinya di beberapa ATM di Kota Pekanbaru. Dari masing-masing tersangka ditemukan alat digunakan melakukan kejahatan dari inisial A berupa 1 lembar kartu ATM Bank Mandiri yang diakui milik korban, juga beberapa lembar kartu ATM yang diakui tersangka dari korban-korban lainnya," papar Kapolsek Tampan.

Kapolsek Tampan juga menyebutkan dari ersangka brinisial R alias D diamakan 1 unit mobil merek avanza warna hitam dan plat palsu BM 110 US yang digunakan untuk transportasi melakukan aksinya di Kota Pekanbaru.

"Dari tersangka inisial R alias E ditemukan 9 batang patahan lidi digunakan untuk mengganjal lobang mesin ATM dan ketiga tersangka melakukan aksi kejahatan sebanyak 25 kali di tempat kejadian perkara di Kota Pekanbaru khusus kejahatan ganjal ATM," ungkap Kompol Hotmartua Ambarita.

Adapun barang bukti yang diamankan dari ketiga pelaku lanjut Kapolsek, antara lain 1 unit mobil merek Toyota Avanza warna hitam, satu pasang nomor plat BM 1236 TC, sepasang nomor plat palsu BM 110 US, sembilan batang potongan lidi.

"Kemudian 24 kartu ATM berbagai Bank sehelai baju kaos warna merah dan hitam, seelai baju kaos warna merah muda, tiga buah topi warna hitam dan orange, sehelai celana jean pendek, sehelai celana jean panjang," pungkas Kapolsek Tampan.***


Reporter   : Adanres Area  

 

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait