Pulihkan Ekonomi Masyarakat Ditengah Covid-19, DLHK Riau Andalkan Program Perhutanan Sosial

Kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi (DLHK) Riau

Pekanbaru, Oketimes.com - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Riau, canangkan program perhutanan sosial, dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat akibat dampak pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

"Kami harap program perhutanan sosial dapat membantu perekonomian rakyat, dan menjaga hutan supaya lestari," kata Kepala DLHK Riau, Maamun Murod dalam keterangan persnya di Posko Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Gedung Daerah Pekanbaru, Minggu 28 Juni 2020.

Diterangkan Mamun, dalam rangka menjalankan program perhutanan sosial tersebut, pihaknya akan bekerjasama dengan Kementerian LHK dan didukung oleh semua NGO.

Mantan Kepala Dinas Kehutanan Kepulauan Meranti itu, juga menerangkan sedikitnya ada lima kegiatan yang dilakukan dalam program perhutanan sosial, yakni hutan desa, hutan kemasyarakatan, hutan tanaman rakyat, hutan adat dan hutan kemitraan.  

"Semuanya ada lima program perhutanan sosial ini sedang berproses, dan implementasinya tergantung dengan peta indikatif areal perhutanan sosial yang disampaikan Kementerian LHK," ujarnya.

Karena itu lanjut Murod, program perhutanan sosial ini harus memperhatikan peta indikatif yabg sudah ditetapkan oleh Kementerian LHK.

Ia juga menambahkan sebagai gambaran kurang lebih 1 juta hektar perhutanan sosial yang akan disiapkan. "Saat ini progresnya baru 80 ribu hektar," pungkasnya.***

Reporter   : Jhonari

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait