Home / Pemerintahan / Deputi KSPK BKKBN & Wako Pekanbaru Resmikan Dua Program

Deputi KSPK BKKBN & Wako Pekanbaru Resmikan Dua Program

Deputi KSPK BKKBN & Wako Pekanbaru Resmikan Dua Program
fin/riaueditor.com
PEKANBARU, oketimes.com Sebagai juara II sekolah sehat tingkat Nasional, SMPN 20 Pekanbaru patut berbangga. Atas prestasinya itu, sekolah yang dipimpin oleh Hj Nurbaiti SPd ini, mendapat kepercayaan sebagai tempat digelarnya acara Pusat Informasi Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja (PIK-R) dan Sanggar Seni Cahaya.

Kedua program yang diresmikan oleh Deputi Bidang KSPK BKKBN, DR Sudibyo Ali Moesa MA dan Walikota (Wako) Pekanbaru, Firdaus MT tersebut digelar di halaman SMPN 20 Pekanbaru, Kamis (9/10).

Deputi Bidang KSPK BKKBN, DR Sudibyo Ali Moesa MA dalam sambutannya, mengatakan PIK R merupakan wadah yang memberikan arahan bagi remaja agar  terhindar dari resiko Seks bebas, Napza (narkotika dan zat berbahaya, HIV/Aids.

Ia mengatakan, persoalan remaja saat ini sudah sangat kompleks. Mulai dari dari minimnya bimbingan orang tua, individualistis dan banyak lagi. Inilah salah satu langkah untuk mengantisipasinya, ucap Sudibyo.

Sudibyo menjelaskan, saat ini jumlah remaja Indonesia sudah menyentuh angka 70 juta. "Ini bisa 14 kali jumlah penduduk Singapura," katanya.

Untuk itu kata Sudibyo, BKKBN membuat program Genre, yakni, program Generasi Berencana. Pengurus PIK-R dan remaja, diharapkan aktif mengkampanyekan  tiga hal penyakit remaja. Yaitu, HIV AIDS, Nafza dan Seks bebas.

Dikatakan, saat ini ada 14 ribu PIK-R di Indonesia yang tersebar di sekolah-sekolah dan universitas, turut andil mengatasi masalah ini. Dia berharap PIK-R Cahaya yang baru dibentuk dapat dipertandingkan di tingkat nasional, ucap Sudibyo.

Sementara Wako Pekanbaru, Firdaus MT mengatakan, pihaknya menyambut baik digelarnya kedua program tersebut. " Program ini sangat membantu dalam menumbuhkembangkan bakat dan rasa percaya diri anak untuk membangun Kota Pekanbaru kedepan menuju arah yang lebih baik," ucapnya.

Hal ini kata Walikota, sejalan dengan visi misi Kota Pekanbaru. Yakni, meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang memiliki kompetensi tinggi, bermoral, beriman dan bertaqwa.

Ia berharap, kegiatan ini dapat menular ke sekolah-sekolah lainnya guna mewujudkan visi misi Kota Pekanbaru, yakni menjadikan Kota Pekanbaru sebagai kota Metropolitan yang Madani, ucap Firdaus.

Usai peresmian, Kepala SMPN 20 Pekanbaru, Nurbaiti SPd mengaku bangga atas digelarnya kegiatan ini. Ia berharap, sebagai sekolah sehat peraih juara II tingkat Nasional, pihaknya berharap agar tercipta generasi sehat jasmani dan berakhlak mulia. (fin)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.