Lagi Banjir Kepung Ibu Kota Negara, Lima Ruas Jalan Ini Tak Bisa Dilalui Kendaraan

ILustrasi Ibu kota DKI Jakarta banjir pasca diguyur hujan lebat pada 1 Januari 2020 dini hari.

Jakarta, Oketimes.com - Hujan deras kembali mengguyur ibu kota negara Hari ini Minggu (23/02/2020) sejak dini hari. Sejumlah ruas jalan di wilayah DKI Jakarta menjadi terendam banjir.

Hujan tersebut memicu titik-titik genangan air dan mengakibatkan 74 ruas jalan yang tergenang banjir dan beberapa di antaranya tak bisa dilalui kendaraan di Jakarta.

Adapun ruas jalan yang terendam air setinggi 50 meter dan orang lutut dewasa itu, antara lain:   

1. Jalan Yos Sudarso

Banjir di Jalan Yos Sudarso mencapai 50 cm hingga menuju Jalan Ahmad Yani yang masih berada dalam satu ruas jalan. Akibatnya, kendaraan bermotor tidak bisa melintasi jalan tersebut. Lalu lintas Jl Yos Sudarso dialihkan. Sepeda motor untuk sementara waktu bisa masuk ke ruas Tol Wiyoto Wiyono, Jakarta.

"Untuk informasinya masih diperbolehkan. Kalau sudah selesai, akan diinformasikan kembali," kata petugas call center NTMC Polri, Lisa, saat dihubungi, Minggu (23/2/2020).

Petugas kepolisian bersiaga di dalam tol. Mereka akan mengarahkan para pemotor untuk keluar di titik tertentu.

2. Jalan Raya Kayu Putih

Jalan Raya Kayu Putih, Jakarta Timur ikut terendam banjir. Bahkan, jalan tak bisa dilewati oleh kendaraan.

"11:14 #Banjir 80 cm di Jl. Raya Kayu Putih Jakarta Timur, sementara tidak bisa dilintasi semua jenis ranmor (kendaraan bermotor)," tulis @TMCPoldaMetro, Minggu (23/2).

3. Jalan Raya Bekasi

Sementara itu, Jalan Raya Bekasi, Jakarta Timur juga terimbas banjir. Mobil sejenis sedan diimbau untuk tak melintasi jalan ini.

"11:08 #Banjir 50-60 cm di depan Palad Jl. Raya Bekasi #Jakarta Timur, bagi kendaraan sejenis sedan dihimbau agar tidak melintas," cuit @TMCPoldaMetro.

4. Jalan Kemang Utara

Jalan Kemang Utara, Jakarta Selatan juga terendam banjir. Jalan pun tak bisa dilewati semua jenis kendaraan bermotor.

"10:49 Banjir 80-100 cm di depan Pasar Jagal Jl. Kemang Utara 9 #Jakarta Selatan, sementara tidak bisa dilintasi semua jenis ranmor," tulis @TMCPoldaMetro.

5. 74 Ruas Jalan Tergenang

Sedangkan berdasarkan data yang dihimpun oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta, melalui Pusat Data dan Informasi Kebencanaan pada Minggu, (23/02/2020) ada 74 ruas jalan yang terendam banjir. Data ini adalah data per pukul 12.00 WIB. Berikut ini rinciannya:

1. Jakarta Pusat: 18 ruas jalan
2. Jakarta Utara: 29 ruas jalan
3. Jakarta Barat: 2 ruas jalan
4. Jakarta Selatan: 7 ruas jalan
5. Jakarta Timur: 18 ruas jalan

Kepala Pusat Data dan Informasi BPBD Provinsi DKI Jakarta, Mohamad Insaf menjelaskan, banjir ini merupakan imbas dari curah hujan yang tinggi.

"Hujan yang mengguyur wilayah Jabodetabek dan sekitarnya pada hari Minggu (23/2/2020) dengan akumulasi curah hujan harian menurut data BMKG tertinggi terjadi di Pulo Gadung dengan intensitas 241mm/hari kategori ekstrem yang menyebabkan beberapa pintu air mengalami kenaikan status siaga dan sungai meluap," tulis Insaf dalam keterangannya seperti dilansir dari detik.com.***


Source   : Detik / Editor : Van Hallen

Tags :berita
Komentar Via Facebook :