Jadi Sekdaprov Defenitif, Gubri Paparkan Tugas Yan Prana Usai Dilantik

Gubernur Riau Syamsuar resmi melantik Yan Prana Jaya Indra Rasyid sebagai Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau defenitif pada Jumat (22/11/19) di Balai Serindit Gedung Daerah Pekanbaru.

Pekanbaru, Oketimes.com - Gubernur Riau Syamsuar resmi melantik Yan Prana Jaya Indra Rasyid sebagai Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau defenitif pada Jumat (22/11/19) di Balai Serindit Gedung Daerah Pekanbaru.

Pelantikan tersebut disaksikan pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) seperti Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Danrem 031/WB Brigjen TNI Muhammad Fadjar, dua Wakil Ketua DPRD Riau.

Hadir juga kepala daerah, Bupati Indragiri Hilir HM Wardan, Bupati Rokan Hilir Suyatno, Bupati Siak Alfredli, Bupati Rokan Hulu Sukirman, Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, Bupati Kauntan Singingi Mursini, Wakil Bupati Indragiri Hulu Khairizal Sekda Kota Pekanbaru M Noer, Bupati Bengkalis Amril Mukminin, mantan pejabat serta berbagai tamu undangan lainnya.

Prosesi pelantikan dan sumpah jabatan tidak lepas disaksikan oleh Rektor Universitas Riau Prof Aras Mulyadi dan staf ahli Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Hamdani.

Prosesi pelantikan berjalan lancar, usai pembacaan sumpah jabatan, saat menerima salinan SK putusan jabatan Sekdaprov, para undangan memberikan aplus kepada Yan Prana.

Gubernur Riau H Syamsuar mengatakan, bahwa pelantikan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, merupakan momen yang ditunggu dan tidak saja oleh Pemerintah, namun juga oleh masyarakat.

Orang nomor satu di Riau ini juga kembali menjelaskan mengenai proses penjaringan calon Sekdaprov Riau yang telah dilaksanakan melalui seleksi dengan mengacu pada peraturan yang berlaku tersebut.

"Seleksi calon Sekdaprov Riau begitu ketat. Kami memaklumi bahwa pengajuan calon jabatan Sekretaris Daerah Provinsi Riau, sudah diproses jauh hari sebelumnya, namun mengingat posisi Sekretaris Daerah merupakan posisi sentral dan strategis, maka prinsip kehati-hatian menjadi prioritas dan keutamaan," kata Gubri dalam sambutannya.

Gubri pun berpesan kepada Yan Prana yang baru saja dilantik tersebut, untuk menjaga amanah dan tanggungjawab yang telah diberikan ke pundaknya tersebut.

"Sebagai seorang abdi negara, dimanapun ditugaskan dan dipercaya dalam mengemban tugas yang diamanahkan wajib mentaatinya. Untuk itu, perlu menyadari bahwa jabatan adalah sebuah amanah untuk memimpin sebuah tugas dan pengabdian demi kemajuan bangsa negara dan untuk kemaslahatan masyarakat," pesannya.

Syamsuar juga mengatakan posisi sekretaris daerah merupakan posisi sentral dan strategis, maka prinsip kehati-hatian menjadi prioritas dan keutamaan.

"Kerja cepat yang diharapkan oleh Presiden RI. Untuk itu tugas pertama Sekdaprov Riau yang baru, agar segera menyelesaikan RAPBD (Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) 2020," kata Syamsuar dalam pidatonya.

Menurut Syamsuar, sekretaris daerah bisa menjadi akselerator pembangunan karena tantangan kedepan semakin dinamis, perubahan lingkungan strategis yang pesat dan sering berada di luar ketentuan harus diantisipasi dengan tindakan yang cepat.

"Karena itu dituntut keberanian sekretaris daerah merumuskan kebijakan, bertindak out of the box, yang terukur, terstruktur dan dapat dipertanggungjawabkan," tukas Syamsuar.

Menurutnya, Yan Prana Jaya Rasyid telah melalui proses penjaringan calon Sekretaris Daerah Provinsi Riau, melalui seleksi dengan mengacu pada peraturan yang berlaku.

"Sekdaprov baru, wajib memahami secara baik tugas pokok dan fungsinya, serta mengimplementasikannya dengan baik dan profesional. Totalitas pengabdian menjadi keutamaan dalam menjalankan amanah tersebut. Kami yakin, keberhasilan dapat diraih dengan kerja keras yang dilandasi kebersamaan, saling bahu membahu, agar segala rintangan dapat kita atasi dengan baik," pungkasnya.***


Reporter   : Richarde
Editor        : Cardova


Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait