Home / Pemerintahan / Gubernur Serahkan Bankeu Provinsi Kepada Kades dan Camat se-Riau

Gubernur Serahkan Bankeu Provinsi Kepada Kades dan Camat se-Riau

Gubernur Serahkan Bankeu Provinsi Kepada Kades dan Camat se-Riau
Humas Setdaprov Riau For oketimes.com
Gubernur Riau Syamsuar menyerahan secara simbolis bantuan keuangan khusus dari pemerintah Provinsi Riau kepada Desa dan Kecamatan se-Provinsi Riau tahun 2019 yang dihadiri oleh kepala desa dan camat se-Provinsi Riau di Hotel Labersa, Jum'at 15 November 2019.

Pekanbaru, Oketimes.com - Pembangunan desa menjadi fokus utama bagi daerah berkembang. Salah satu cara mempercepat pertumbuhan ekonomi di wilayah pedesaan adalah dengan memberdayakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Demikan disampaikan Gubernur Riau Syamsuar, saat menghadiri acara penyerahan secara simbolis bantuan keuangan khusus dari pemerintah Provinsi Riau kepada Desa dan Kecamatan se-Provinsi Riau tahun 2019 yang dihadiri oleh kepala desa dan camat se-Provinsi Riau di Hotel Labersa, Jum'at 15 November 2019.

Syamsuar juga mengatakan melalui acara ini, dia akan terus menghimbau kepala desa atau pemimpin daerah agar terus mengembangkan BUMDes di daerah masing-masing. "Ini merupakan gerakan untuk mensejahterakan masyarakat," katanya.

Mantan Camat Siak pada tahun 1996-1999 lalu ini, mengaku akan menjak untuk memberdayakan BUMDes yang sudah ada, sebab menurutnya, untuk membangun ekonomi Indonesia harus dimulai dari daerah pinggir terlebih dahulu.

"Daerah pinggir maksudnya desa, kalau desa maju, kecamatan maju, kabupaten maju maka Indonesia pasti juga maju," terangnya.

Lebih lanjut, Syamsuar mengatakan bahwa saat ini angka kemiskinan di Provinsi Riau mencapai 7 persen dan mengajak kepada semua masyarakat untuk sama-sama memiliki targat agar angka tersebut bisa turun.

Sedangkan pertumbuhan ekonomi Riau, lanjutnya, saat ini hanya 2.80 persen, sementara angka nasionalnya adalah 5.30 persen. "Artinya kita sangat jauh tertinggal," jelasnya.

Ia menyampaikan bahwa kedepan banyak usaha milik negara harus bisa bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), BUMDes dan Koperasi.

"Artinya ini kesempatn untuk menambah pendapatan desa sekaligus menambah ekonomi desa," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Syarifuddin mengatakan saat ini pihaknya telah mendapatkan laporan bahwa sampai tanggal 14 November 2019 kemarin telah menerima sebanyak 957 berkas dan sudah terverifikasi sehingga dapat dialokasikan untuk dana BUMDes.

"Ini menunjukkan bahwa desa-desa di Provinsi Riau mendukung program Gubernur Riau dalan mewujudkan pembangunan desa," pungkasnya.

Turut hadir dalam acara itu, Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Syah Harrofie, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau Eet Indra Gunawan, Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Asri Auzar, Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Zukri. ***


Reporter   : Richarde
Editor       : Cardova

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.