Home / Kesehatan / Fakultas Keperawatan Unri Gelar Penyeluhan dan Pemeriksaan Kesehatan di Kelurahan Maharatu

Fakultas Keperawatan Unri Gelar Penyeluhan dan Pemeriksaan Kesehatan di Kelurahan Maharatu

Fakultas Keperawatan Unri Gelar Penyeluhan dan Pemeriksaan Kesehatan di Kelurahan Maharatu
Ist
Bayhakki, M.Kep, Sp.KMB, PhD, selaku Ketua Kegiatan Pengabdian dari Fakultas Keperawatan Medikal Bedah Fakultas Keperawatan UNRI, saat menggelar kegiatan Pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk penyuluhan kesehatan dan sekaligus pemeriksaan kesehatan bagi warga di Kelurahan Maharatu Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru, belum lama ini.

Pekanbaru, Oketimes.com - Sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, Dosen Keperawatan Medikal Bedah Fakultas Keperawatan UNRI, menggelar kegiatan Pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk penyuluhan kesehatan dan sekaligus dilakukan pemeriksaan kesehatan bagi warga di Kelurahan Maharatu Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru, belum lama ini.

Bayhakki, M.Kep, Sp.KMB, PhD, selaku Ketua Kegiatan Pengabdian mengatakan peranan perguruan tinggi dalam memberdayakan masyarakat sangat penting untuk mengatasi masaalah ditengah-tengah masyarakat dan sekaligus meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

Solusi pemberdayaan masyarakat yang dilakukan antara lain, melakukan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat tentang salah satu terapi yang dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi ketidaknyamaan atau nyeri dan memberikan kenyamanan yang lebih melalui terapi rendam air hangat yang dapat di kombinasikan atau divariasikan dengan menambahkan zat yang bermanfaat ke dalam air rendaman kaki.

"Ini merupakan cara yang mudah, murah dan bermanfaat bagi masyarakat," terang Bayhakki , M.Kep, Sp.KMB, PhD di sela-sela kegiatan tersebut.

Menurut Bayhakki, penyuluhan merupakan salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat. Pemberdayaan masyarakat dapat dilanjutkan dengan memberdayakan masyakarat yang mengikuti kegiatan penyuluhan, untuk menyampaikan apa yang didapatkannya dari kegiatan penyuluhan kepada anggota masyakarat lainnya, sehingga manfaatnya dapat dirasakan lebih banyak oleh masyarakat luas.

Diterangkan Bayhakki, sebagian besar peserta kegiatan diikuti oleh ibu-ibu untuk pengabdian berupa penyuluhan kesehatan tentang manfaat terapi rendam kaki air hangat yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

"Selain itu juga bermanfaat untuk menurunkan nyeri atau pegal-pegal pada kaki," imbuh Dosen Keperawatan Medikal Bedah Fakultas Keperawatan UNRI itu mengungkapkan.

Setelah kegiatan penyuluhan, dilanjutkan dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan untuk seluruh peserta kegiatan pengabdian.

Seluruh peserta kegiatan pengabdian ini merasa senang dapat mengikuti kegiatan ini dan mendapatkan manfaat dari mengikuti kegiatan ini.***


Source   : FK Keperawatan UNRI
Editor     : Cardova

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.