Home / Nasional / Ditunjuk Jadi Kapolri, Komjen Idham Azis : Saya Siap

Ditunjuk Jadi Kapolri, Komjen Idham Azis : Saya Siap

Ditunjuk Jadi Kapolri, Komjen Idham Azis : Saya Siap
Istimewa
Komjen Pol Idham Azis.

Jakarta, Oketimes.com - Presiden Joko Widodo mengajukan nama Komjen Idham Azis sebagai calon tunggal Kepala Polri pengganti Jenderal Tito Karnavian.

"Sudah diajukan ke DPR, Pak Idham Azis," kata Jokowi kepada awak media Rabu (23/10/2019) di Istana Kepresidenan Jakarta. "Hanya satu calon," imbuh Jokowi pada saat itu.

Idham diketahui kini masih menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri. Dia akan menggantikan posisi yang ditinggalkan Tito Karnavian yang kini menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri.

Namun, berdasarkan ketentuan peraturan perundangan, Idham harus terlebih dulu melalui uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR. Sementara, Komjen Ari Dono yang sebelumnya menjabat Wakil Kepala Polri menjabat sebagai Pelaksana Tugas Kapolri.

Terpisah, Komjen Idham Azis mengaku siap menerima tawaran Presiden Jokowi dan kini drinya tengah menyiapkan diri, untuk mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di DPR.

"Ya saya tentunya siap menjalankan amanah ini, bismillahi tawakkaltu, saya mohon doa restu, karena mungkin pada minggu depan akan dilakukan fit and proper test, saya saat ini sedang menyiapkan diri, dan prinsipnya saya siapkan (diri)," kata Idham di kantor Kemendagri, Jl Medan Merdeka Barat, Jakpus, Rabu (23/10/2019).

Idham adalah lulusan Akademi Kepolisian pada 1988 itu, prestasinya cukup cemerlang di bidang reserse serta pemberantasan terorisme.

Salah satu prestasi di bidang pemberantasan terorisme adalah melumpuhkan teroris Dr Azahari dan kelompoknya di Batu, Jawa Timur, pada 9 November 2005 lalu.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad memastikan surat dari presiden sudah diterima DPR. "Sudah masuk, sudah masuk (surpresnya). Dan tinggal nunggu fit and proper test. Iya bener, Pak Idham Azis (calon Kapolri)," katanya terpisah.***

 

Source     : Kompas/Detik
Editor       : Van Hallen

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.