Home / Nasional / Panglima TNI Sinergikan Stakeholder Pusat dan Daerah Atasi Asap Karhutla Riau

Panglima TNI Sinergikan Stakeholder Pusat dan Daerah Atasi Asap Karhutla Riau

Panglima TNI Sinergikan Stakeholder Pusat dan Daerah Atasi Asap Karhutla Riau
Humas Setdaprov Riau For oketimes.com
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, S.I.P, saat memimpin Rapat Koordinasi (rakor) Penanggulangan dan Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) provinsi Riau, Sabtu (14/09/19) sore di ruang Pauh Janggi Gedung Daerah Riau, Pekanbaru.

Pekanbaru, oketimes.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, pimpin rapat koordinasi (rakor) penanggulangan dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di provinsi Riau, Sabtu (14/09/19) sore di ruang Pauh Janggi Gedung Daerah Riau, Pekanbaru.  

Hadir dalam rakor itu, Gubernur Riau Syamsuar, Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastipo, Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI M Fadjar, Kepala BNPB Letjen Doni Monardo, Forkopimda Riau serta Bupati/Walikota se Provinsi Riau.

Dalam rakor itu, pembahasan dilakukan bagaimana menyelaraskan penanggulangan dan pencegahan Karhutla di Riau, secara bersama dengan melibatkan seluruh bidang terkait yang ada di Riau dan Pusat.

Menurutnya, selama ini pemerintah tengah melakukan upaya optimal dalam menangani Karhutla baik di Riau maupun di daerah lainnya.

Menyikapi soal kabut asap pekat yang masih menyelimuti beberapa daerah lanjut Panglima, pihaknya tengah mengerahkan helikopter yang sudah mengangkut 112 juta liter air dalam sehari. "Kami telah melakukan berbagai upaya dalam menangani karhutla," ucap Hadi.

Meski begitu, Panglima TNI mengatakan, usai menggelar rakor penanggulangan dan pencegahan karhutla itu dilakukan, dirinya akan melaksanakan berbagai tindakan cepat untuk memadamkan api serta menghilangkan asap tebal di Riau.

"BMKG memprediksi musim hujan akan turun pertengahan oktober, jadi diupayakan sebelum itu sudah turun hujan. Kami juga akan menambah pasukan untuk menangani Karhutla dan akan mengerahkan pesawat hujan buatan," pungkas Panglima TNI.


Reporter  : Richarde
Editor      : Cardova

 

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.