Home / Puspen TNI / Panglima TNI Tinjau Kesiapan Alutsista Untuk Pemadaman Karhutla

Panglima TNI Tinjau Kesiapan Alutsista Untuk Pemadaman Karhutla

Panglima TNI Tinjau Kesiapan Alutsista Untuk Pemadaman Karhutla
Puspen TNI For oketimes.com
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, S.I.P, didampingi Kasau Marsekal Yuyu Sutisna, S.E, M.M dan Wakasau Marsdya Fahru Zaini Isnanto, S.H, M.D.S, tinjau penyiapan Alutsista 1 (satu) Unit Pesawat CN 295 yang akan digunakan dalam operasi pemadaman Karhutla wilayah Kalimantan Tengah, bertempat di Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (13/9/2019).

Jakarta, oketimes.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, S.I.P, didampingi Kasau Marsekal Yuyu Sutisna, S.E,  M.M dan Wakasau Marsdya Fahru Zaini Isnanto, S.H, M.D.S, tinjau penyiapan Alutsista 1 (satu) Unit Pesawat CN 295 yang akan digunakan dalam operasi pemadaman Karhutla wilayah Kalimantan Tengah, bertempat di Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (13/9/2019).

Pada kesempatan itu, Panglima TNI mengatakan bahwa pesawat yang dalam kesehariannya dioperasionalkan oleh Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma ini tengah dipasangi sejenis konsul tambahan.

"Pemasangan konsul tersebut bertujuan agar pesawat nantinya mampu melaksanakan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), yaitu menurunkan hujan buatan di wilayah yang terdampak akibat Karhutla," ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan Panglima TNI bahwa saat ini 1 (satu) unit pesawat C212 Casa telah beroperasi di wilayah Pekanbaru Riau untuk melaksanakan pemadaman Karhutla.

Menurutnya, TNI tengah merencanakan pengiriman 1 (satu) unit pesawat C212 lagi dari Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh Malang untuk membantu pemadaman kebakaran hutan di wilayah Sumatera.

"Saat ini pesawat tersebut sedang menjalani Period Inspection 100 (Perawatan Berkala Setiap 100 Jam) dan diharapkan pesawat ini dapat diberangkatkan pada hari Minggu besok," ucapnya.***


Autentikasi : Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Taibur Rahman. 

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.