Home / Peristiwa / Seniman Riau Tuntut Kadisbudpar Dicopot

Seniman Riau Tuntut Kadisbudpar Dicopot

Seniman Riau Tuntut Kadisbudpar Dicopot
PEKANBARU,Oketimes.com Puluhan seniman Riau kembali berunjuk rasa di halaman
kantor Gubernur, mereka menuntut Kepala  Dinas kebudayaan dan parawisata (Kadisbudpar) Riau, Siad Syaripudin untuk dicopot dari jabatannya.

Selain meminta Kadisbudpar di copot, puluhan seniman ini mendesak Pemprov Riau untuk segera memperbaiki Gedung Idrus Tintin yang saat ini kondisinya sangat memprihatinkan dan tidak terurus dengan baik.

Koordinator aksi, Hang Kafrawi menjelaskan kondisi anjungan Indrus tintin saat ini dalam kondisi memprihatinkan. Beberapa ruangan di gedung tempat seniman mengutarakan ekpresinya tersebut sudah rusak seperti di teras yang hanya memiliki 2 lampu dan kabel-kabel di dalam ruangan sudah dimakan tikus.

"Kami meminta kepada Pemprov Riau untuk memperhatikan kondisi ini, kalau masih lama dibiarkan kami khawatir gedung itu akan terbakar," kata Hang Kafrawi, Kamis (11/9) di depan kantor Gubernur Riau.

Hang Kafrawi dan para seniman tersebut mendesak agar Pemprov Riau membentuk Bandan Pengelola sementara. Dengan itu, mereka yakin, jika Gedung Idrus Tintin itu terus dianggarkan, tetapi tidak dirawat dengan baik.

"Kami sudah berulang kali membicarakan ini dengan pihak Dinas parawisata, namun tidak ada tanggapan. Malah mereka memilih untuk melancong ke Korea," tuturnya.

Bahkan, para Seniman tersebut meminta Kepala Dinas parawisata, Said Syaripudin untuk dicopot. Sebab, kondisi Idrus tintin yang kondisinya sudah parah tidak peduli dengan Anjung Seni Idrus Tintin.

"Oleh karena itu, kami mendesak agar Kepala Dinas Kebudayaan, mundur dari jabatannya. Karena tidak peduli dengan Anjung Seni Idrus Tintin dan kreatifitas seniman," katanya.

Tak lama kemudian, para seniman tersebut langsung didatangi Assisten I Setdaprov Riau Kasiaruddin. Ia berjanji kepada pendemo untuk menyampaikan aspirasi tersebut ke Gubernur Riau.

"Nanti akan kita sampaikan ke pemimpinan. Kita dukung agar Gedung Idrus Tintin itu dikelola dengan baik lagi," tukasnya. (dea)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.