Dinsos Riau Maksimalkan Pengurus LK3

PEKANBARU, oketimes.com- Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) merupakan wahana penanganan masalah sosial psikologis keluarga yang sudah dikembangkan sejak lama namun dalam pelaksanaannya masih terdapat kekurangan yang menyebabkan fungsi LK3 belum berjalan optimal.

Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya sosialisasi dan lemahnya manajemen LK3. Berkaitan dengan hal tersebut Dinas sosial Propinsi Riau melaksanakan kegiatan bimbingan pemantapan pengurus LK3 Kab/Kota dan LK3 Berbasis Masyarakat.

Mizwar Efendi SH, Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau, dalam sambutannya mengatakan LK3 sangat dibutuhkan ditengah-tengah masyarakat untuk terwujudnya kesejahteraan keluarga.

"Permasalahan sosial tidak hanya menyangkut masalah kemiskinan. Meskipun banyak kegiatan atau lembaga yang sama mengatasi masalah kemiskinan namun LK3 berbeda karena ia muncul dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan untuk menjambani ketimpangan komunikasi antara anggota keluarga. Melalui lembaga ini, diharapkan keluarga menemukan tempat bicara sehingga masalah-masalah keluarga yang ada dapat diminimalisir dan dicarikan individu, keluarga dan masyarakat," ucap Kadis.

Disamping itu, Kaďis meminta Pengurus LP3 harus cermati aturan hukum dalam menjalankan fungsi dan tugasnya termasuk untuk mendapatkan bansos atau dana hibah dari pemerintah.

"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan eksistensinya ditengah masyarakat serta dapat mewujudkan suatu kesamaan persepsi dalam pengelolaan LK3 sehingga lembaga ini dapat meningkatkan kinerjanya secara optimal," ucap Azwar Efendi, SH pada pembukaan bimbingan pemantapan petugas pengelola LK3 Kab/Kota dan LK3 Berbasis Masyarakat yang dilaksanakan pada tanggal 25 s/d 28 Agustus 2014 bertempat di Hotel Resty Menara, Pekanbaru. (Je)


Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait