Lelaki Lebih Tertarik Perempuan Tanpa Rias Wajah?

OKETIMES.COM-- Sebuah riset terkini yang dipublikasikan di Quarterly Journal of Experimental Psychology mengatakan, lelaki lebih tertarik pada perempuan yang tak mengenakan banyak rias wajah.

Studi ini melibatkan 44 perempuan sebagai objek untuk dinilai oleh responden. Para perempuan ini diminta untuk difoto sebelum dan sesudah mengenakan rias wajah (dalam tingkatan rias tipis dan rias tebal). Foto-foto ini kemudian ditunjukkan kepada responden.

Para responden yang terdiri dari lelaki dan perempuan itu kemudian diminta membandingkan foto sebelum dan sesudah mengenakan rias wajah, untuk memilih mana yang lebih menarik.

Hasilnya menunjukkan, mayoritas responden menganggap foto perempuan yang tidak menggunakan riasan dan sedikit mengenakan riasan, lebih menarik perhatian ketimbang yang mengenakan rias wajah tebal/pekat.

"Bisa disimpulkan, tampilan alami membuat seorang perempuan terlihat lebih menarik," kata dr Alex Jones, salah satu peneliti yang terlibat dalam studi ini, juga peneliti dari School of Psychology di Bangor University, dikutip dari Today.com, Jumat (2/5).

Menurut Jones, hal ini menunjukkan kemungkinan adanya kesalahpahaman terhadap cara pandang perempuan terhadap nilai-nilai yang dianggap menarik di mata orang lain. Hal ini rentan berpengaruh terhadap penilaian diri seseorang.

Saat ini Jones sedang meneliti lebih dalam mengenai kesalahpahaman tentang penilaian "menarik" di mata lawan jenis. Contoh, tentang pemahaman tubuh menarik perempuan adalah yang kurus, sementara tubuh lelaki yang menarik adalah yang berotot. Padahal pada riset yang dilakukan Jones, tidak selalu demikian.

"Memang, diakui, penggunaan rias wajah bisa meningkatkan kemenarikan perempuan. Namun, belum diketahui secara ilmiah, seberapa banyak/tebal rias wajah yang membantu kemenarikan ini," jelas Jones.

Sementara penelitian ini mengungkap, mayoritas lelaki dan perempuan menganggap, perempuan yang tidak mengenakan rias wajah atau hanya tipis saja lebih menarik.

Dalam sebuah penelitian lain di tahun 2011, yang ditampilkan di New York Times mengungkap, perempuan yang mengenakan rias wajah tipis dinilai lebih kompeten, mudah didekati, dan bisa dipercaya. Penelitian itu juga mengatakan, kosmetik memang bisa meningkatkan kemenarikan seseorang.

Menurut Anda?

Penulis: Nadia Felicia/NAD

Sumber:Today


Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait