BPBD Kota Imbau Masyarakat Pinggiran Sungai Waspada Ancaman Banjir

Zarman Chandra, Kepala BPBD Kota Pekanbaru.

Pekanbaru, Oketimes.com - Ancaman banjir masih mengintai masyarakat Kota Pekanbaru di pinggiran sungai. Mereka harus mewaspadainya, karena potensi hujan masih ada hingga akhir bulan Januari 2023 ini.

Apalagi Kota Pekanbaru sudah menetapkan status Siaga Darurat Bencana. Penetapan status ini berlangsung hingga 31 Januari 2023 mendatang.

"Potensi banjir masih ada, maka kami imbau masyarakat waspada. Terutama masyarakat di pemukiman pinggiran sungai," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra kepada media pada Kamis (19/1/2023) di Pekanbaru.

Saat ini sebutnya, tim BPBD Kota Pekanbaru setiap hari memantau permukiman masyarakat di pinggiran sungai. Mereka adalah kawasan yang rentan terdampak banjir akibat luapan aliran sungai.

Zarman menjelaskan bahwa penetapan status Siaga Darurat Bencana ini seiring intensitas curah hujan yang signifikan. Kondisi ini membuat masyarakat harus lebih waspada karena potensi banjir masih bisa terjadi terutama di pemukiman.

Pihaknya bersama instansi terkait sudah membentuk tim tanggap bencana. Mereka dibentuk untuk menindaklanjuti secara cepat wilayah yang terdampak banjir.

Ada juga satu posko disiagakan di halaman Kantor BPBD Kota Pekanbaru. Mereka nantinya bakal bergerak ke lokasi sesuai dengan laporan dari masyarakat.

Ada sejumlah kawasan yang jadi perhatian karena rawan banjir. Lokasi itu menyebar di beberapa kecamatan yakni Tenayan Raya, Kulim, Bukit Raya, dan Sail.

"Tapi setiap harinya kita tetap memantau kawasan permukiman di pinggiran sungai," bebernya dengan meyakinkan.***


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait