Babinsa Koramil 1710-04/Tembagapura Hadiri Acara Adat Bakar Batu

Babinsa Koramil 1710-04/Tembagapura Serka Abraham Sem bersama Pihak Kepolisian dan Personel Satgas menghadiri sekaligus pengamanan jalannya acara adat bakar batu dalam rangka ucapan syukur dengan tidak adanya korban jiwa atas kejadian longsor di Kp. Kimbeli Distrik Tembagapura, Kab. Mimika, Selasa (29/11/2022).

Timika, Oketimes.com - Papua merupakan satu-satunya  provinsi yang memiliki tradisi cukup unik yaitu acara bakar batu yang mungkin tidak banyak diketahui oleh masyarakat di provinsi lainnya.

Upacara bakar batu itu sendiri merupakan upacara tradisional masyarakat pegunungan Papua yang biasa dilakukan sebagai wujud rasa syukur, menyambut kebahagiaan atas kelahiran, rasa turut berkabung, pengumpulan dana atau dilakukan untuk mengumpulkan prajurit ketika berperang.

Sebagai Aparat Komando Kewilayahan yang berada di daerah yang masyarakatnya, terdapat suku pegunungan harus mengetahui adat istiadat masyarakatnya sebagai sarana jalin keakraban, guna mempermudah dalam pembinaan teritorial.

Menyikapi hal tersebut, melalui giat Binternya kali ini, Babinsa Koramil 1710-04/Tembagapura Serka Abraham Sem bersama Pihak Kepolisian dan Personel Satgas menghadiri sekaligus pengamanan jalannya acara adat bakar batu dalam rangka ucapan syukur dengan tidak adanya korban jiwa atas kejadian longsor di Kp. Kimbeli Distrik Tembagapura, Kab. Mimika, Selasa (29/11/2022).

Dalam keterangannya, Serka Abraham Sem mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu wujud kemanunggalan TNI bersama masyarakat di wilayah binaan serta sebagai sarana untuk mengetahui perkembangan situasi terkini di wilayah.

Dengan adanya interaksi atau komunikasi dengan warga secara tidak langsung akan mempererat hubungan TNI dengan Rakyat.

"Dengan turut hadir dalam setiap acara adat masyarakat seperti ini, harapannya tugas pokok sebagai satuan kewilayahan dalam Pembinaan Teritorial (Binter) di wilayah Koramil 1710-04/Tembagapura akan dapat terlaksanan dengan baik karena kita telah menyatu dengan warga dan dapat diterima positif," ungkapnya.***

Autentikasi : Pen Kodim 1710/Mimika


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait