Diskes Kota Mulai Berikan Booster Dosis Kedua untuk Lansia

dr. Zaini Ridaldy Saragih, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru.

Pekanbaru, Oketimes.com - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, kini mulai memberikan pelayanan penyuntikan vaksin booster dosis tahap dua bagi warga lanjut usia (lansia).

"Itu bisa diakses atau didapatkan oleh masyarakat secara gratis," kata Kepala Diskes Kota Pekanbaru dr. Zaini Rizaldy Saragih kepada media pada Rabu (23/11/2022) di Pekanbaru.

Ia menyebutkan, pelayanan vaksinasi booster ini bisa didapatkan warga di seluruh puskesmas, rumah sakit rujukan covid, serta di Mal Vaksinasi dan Imunisasi.

Sementara untuk ketersediaan vaksin sendiri, disampaikan Zaini sangat cukup guna melayani booster kedua bagi lansia.

"Tapi vaksin ini sekarang kita tempatkan di provinsi. Karena saat ini kan di lapangan antusias masyarakat itu kurang. Jadi kalau memang ada masyarakat yang mau, kita tinggal minta ke provinsi," ujarnya.

Penempatan vaksin di provinsi, lanjut dia, juga bertujuan untuk memperpanjang masa expired atau kedaluwarsa vaksin.

"Karena vaksin ini harus disimpan di suhu minus 70 (derajat celcius) sehingga dapat bertahan lebih lama. Kalau tidak disimpan pada suhu sangat dingin, maka vaksin dapat rusak dan tidak bisa digunakan," terang Zaini.

"Selain itu, tempat penyimpanan vaksin kita juga terbatas, makanya kita tempatkan di provinsi. Kalau ada yang mau (divaksin), kita tinggal minta sesuai kebutuhan," tutupnya menambahkan.***


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait