Pj Wako Pantau Harga Sembako dan TPS Dua Pasar di Kota Pekanbaru

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun bersama jajarannya dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) meninjau tempat Penampungan Sementara (TPS) pada Kamis (8/9/2022) di Pasar Pagi Arengka Kota Pekanbaru.

Pekanbaru, Oketimes.com - Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun bersama jajarannya dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) meninjau tempat Penampungan Sementara (TPS) pada Kamis (8/9/2022) di Pasar Pagi Arengka Kota Pekanbaru.

Sedangkan di Pasar Limapuluh, Muflihun menanyakan harga bahan pokok akibat imbas kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pertanggal 3 September 2022 kemarin lusa.

"Pantauan di Pasar Pagi Arengka, kami meninjau tempat penampungan sementara (TPS) sampah. Drainase di depan Pasar Pagi Arengka juga tak mengalir," ujar Muflihun kepada media disela peninjauan.

Menurutnya, TPS Pasar Pagi Arengka dibuat secara dadakan. Hal ini guna mengantisipasi sampah yang bertumpuk di pinggir jalan.

"Saat saya tanya pedagang di Pasar Pagi Arengka, ternyata sampah itu dari orang di luar pasar. Bahkan, ada angkutan sampah mandiri yang ikut membuang di sana. Kami akan menjaga agar TPS itu khusus pedagang di pasar," ungkap Muflihun.

Sedangkan di Pasar Limapuluh lanjut Muflihun, dirinya ikut mengecek harga bahan pokok. Ternyata, harga cabai merah masih tinggi, sekitar 90.000 per kg. Harga cabai sudah turun sedikit dimana sebelumnya cabai merah Rp110.000 per kg. Harga ikan segar dan ikan teri masih standar.

"Hanya beras yang mulai mengalami kenaikan. Saya akan datang ke Bulog untuk mengecek persediaan beras," beber Muflihun.

Guna mengatasi kenaikan harga, Pemko akan membentuk Satgas Pangan. Sementara, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terus mengawasi pergerakan harga bahan pokok.

Selama ini, Pekanbaru ketergantungan dengan cabai dari Sumatera Barat (Sumbar). Pemko harus memulai gerakan menanam cabai sendiri.

"Saya sudah membuat surat edaran agar masyarakat menanam cabai dan bawang di halaman rumah," pungkas Uun nama sapaan akrabnya.***


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait