Buka TMMD Ke-114 Kodim 0301/Pbr, Pj Wako: TMMD Wujud Operasi Bhakti TNI

Penjabat Walikota Pekanbaru, Muflihun, S.STP, M.AP, memberikan penjelasan kepada media usai membuka secara resmi Pelaksanaan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 Kodim 0301/Pekanbaru Tahun 2022 pada Selasa, 26 Juli 2022 di di Kelurahan Sialang Rampai, Kecamatan Kulim Kota Pekanbaru.

Pekanbaru, Oketimes.com - Penjabat Walikota Pekanbaru, Muflihun, S.STP, M.AP yang juga bertindak sebagai Inspektur Upacara, resmi membuka Pelaksanaan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 Kodim 0301/Pekanbaru Tahun 2022 pada Selasa, 26 Juli 2022 di Kelurahan Sialang Rampai, Kecamatan Kulim Kota Pekanbaru.

Upacara Pembukaan TMMD ke-114 Kodim 0301/Pekanbaru Tahun 2022 dilaksanakan di lapangan terbuka diikuti dari barisan TNI/Polri, Satlinmas dan organisasi kemasyarakatan serta barisan pramuka dan pelajar.

Tampak hadir Kasiter Kasrem 031/WB Letkol Inf Hipni Maulana Farhan, Plh. Kapolresta Pekanbaru Kombes M.Simamora Dir PAM Obvit, Danyon Arhanud 13/BS Letkol Arh Rianto Budi Nugroho M. Han, Danyon 132/BS, Ketua DPRD Kota Pekanbaru Muhamad Sabarudi, ST, Kepala PUPR Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution.

hadir juga Kajari Kota Pekanbaru diwakili oleh Edi Zarli, SH, MH Plt Kasubsi, Para Dandim Jajaran Rem 031/WB, Lanud RSN di wakili Dansat Hanlan Letkol Pas Ade Afandi, Dandenpom I/3 Mayor CPM Iriawan, Kapolsek Tenayan Raya Kompol Situmeang. S.I.K, Camat Kulim, dan Para Lurah se-Kecamatan Kulim, serta tokoh masyarakat dan pemuda di lingkungan kelurahan Sialang Rampai.

Dalam sambutannya, Penjabat Walikota Pekanbaru Muflihun menyampaikan bahwa Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dahulu disebut ABRI Masuk Desa (AMD) salah satu wujud operasi bhakti TNI yang dilaksanakan secara lintas sektoral dan terintegrasi bersama masyarakat.

Kegiatan TMMD merupakan tugas pokok TNI sejalan dengan Undang-undang nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia.

Dikatakan Muflihun, pelaksanaan TMMD sangat berkontribusi dengan permasalahan yang prioritas untuk dituntaskan, baik sasaran fisik maupun non fisik di kelurahan Sialang Rampai.

"Untuk TMMD Tahun 2022 ini Pemerintah Kota Pekanbaru menganggarkan sebesar Rp.1,5 Miliar baik sasaran fisik maupun non fisik," ujar Muflihun.

Adapun sasaran fisik TMMD Ke-114 Tahun 2022 ini diantaranya pengerasan dan semenisasi jalan, pembangunan rumah layak huni dan rehab Mesjid Jami'ul Barokah, dan pembangunan Tugu TMMD.

"Sedangkan untuk sasaran non fisik akan dilaksanakan penyuluhan terkait peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan ekonomi, memantapkan wawasan kebangsaaan, serta kesadaran bela negara. Dimaksudkan agar masyarakat lebih kompetitif mandiri dan berwawasan kebangsaan," ungkapnya.

Pemko Pekanbaru sangat mendukung program TMMD sebagai suatu terobosan yang sangat produktif, seirama dengan tekad pemerintah daerah, strategi memacu kreativitas dan prakarsa masyarakat dalam pembangunan dengan mengimplementasikan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan dalam rangka mewujudkan Smartcity Madani, "Pekanbaru Bertuah dan Bermartabat," tukas Muflihun.

"Atas nama Pemerintah Kota Pekanbaru, saya mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Dandim bersama seluruh anggota TNI Kodim 0301/Pekanbaru dan elemen terkait lainnya, yang terlibat langsung dalam pelaksanaan TMMD ke-114 di kelurahan Sialang Rampai kecamatan Kulim Pekanbaru, saya yakin dan percaya setiap kegiatan yang kita laksanakan dengan niat yang baik dan tulus untuk kebaikkan seluruh masyarakat akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa, dan usaha ini juga dihasilkan dari kerja sama yang solid dan kompak dalam nuansa gotong royong, yang melibatkan TNI, pemerintah dan masyarakat. Insya Allah manfaatnya dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat," ungkap Uun sapaan akrab Muflihun.

Dandim 0301 Pekanbaru Kol. Inf. Nur Rohman Zein menjelaskan, bahwa dalam pelaksanaan TMMD ke-114 Tahun 2022 ini memiliki dua kegiatan sasaran fisik dan non fisik. Untuk sasaran fisik terdapat pembangunan lima ruas jalan, satu RTLH dan satu rehab masjid.

Sedangkan untuk non fisiknya tambah Dandim, kita memberikan wawasan kebangsaan untuk menangkal radikalisme, penanganan sampah, penanganan banjir, kesadaran masyarakat untuk gotong royong, seperti nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

"Sedangkan untuk keamanan kampung kita akan kembali menggalakan siskamling seperti yang disampaikan Pj Walikota," imbuhnya.

Kol. Inf. Nur Rohman Zein menyebutkan bahwa terkait penanganan problem banjir di Kota Pekanbaru TNI/Polri menurunkan 150 pasukan, "Ini baru TNI/Polri, tidak termasuk masyarakat," katanya.

Mereka pasukan ini akan menyelesaikan titik-titik banjir yang ditentukan oleh pak Walikota, "Jadi nanti kami bersama Kadis PU dan Kapolres akan menuju kesana," tukasnya.

Usai membuka secara resmi TMMD ke 114 Tahun 2022, dan penandatanganan MoU Pelaksanaan TMMD 114 antara Kodim 0301/PBR dan Pemko Pekanbaru yang ditandangani secara langsung oleh Dandim 0301 Pekanbaru Kol. Inf. Nur Rohman Zein dan Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, rombomgan kemudian meninjau sasaran fisik pelaksanaan TMMD 114 Kodim 0301/PBR yang sedang berjalan.***


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait