Bakamla Tinjau Lahan Pangkalan Armada Zona Maritim Tengah di Gorontalo Utara

Tim survei lahan dipimpin Kepala Pangkalan Armada Serei Kolonel Bakamla Asep Budiman, meninjau lokasi lahan baru hibah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara (Gorut) di Desa Oluhuta, Jumat (8/10/2021).

Gorontalo Utara, Oketimes.com - Tim survei lahan dipimpin Kepala Pangkalan Armada Serei Kolonel Bakamla Asep Budiman, meninjau lokasi lahan baru hibah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara (Gorut) di Desa Oluhuta, Jumat (8/10/2021).

"Lokasinya sangat strategis, terlindung dari pulau, aman dari cuaca ekstrim, terdapat jaringan listrik, komunikasi dan air bersih serta terdapat infrastruktur yang memadai," kata Kolonel Bakamla Asep Budiman saat meninjau.

Sebelumnya, Bakamla menerima hibah lahan untuk Pangkalan Armada Zona Maritim Tengah berlokasi di Kecamatan Gentuma Raya. Namun setelah dilakukan pendalaman dari hasil survei lapangan beberapa waktu lalu, lokasinya dianggap tidak ideal sehingga dipindahkan ke Desa Oluhuta, Kecamatan Atinggola, Gorut.

Kehadiran Kolonel Bakamla Asep di lokasi didampingi tim teknis pengadaan lahan Pemkab Gorut serta perwakilan dari Kejaksaan Negeri Gorontalo.

"Kita apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara karena dukungan lahan yang dihibahkan kepada Bakamla  sebagai Pangkalan baru nantinya," ujar Kolonel Bakamla Asep.

Keberadaan Pangkalan Armada di Desa Oluhuta, akan meningkatkan jangkauan dan cakupan wilayah operasional armada kapal patroli Bakamla dari yang berukuran kecil hingga berukuran besar.

"Lokasi yang strategis itu nantinya akan mengurangi waktu reaksi armada patroli dalam menanggapi kejadian di laut dalam wilayah Alur Laut Kepulauan Indonesia II (ALKI), terutama mengamankan daerah yang berbatasan langsung dengan negara Filipina yang rawan masuknya penyelundupan senjata api dan bahan peledak termasuk orang asing," imbuhnya.

Diakhir peninjauan, Kolonel Bakamla Asep Budiman berkesempatan bertemu Bupati Gorut DR.H. Indra Yasin, S.H, M.H, di Kantor Bupati Gorut.

"Kami sebagai pemerintah daerah menyambut baik rencana pembangunan Pangkalan Armada Bakamla, karena hal ini demi keamanan laut kita khususnya Gorontalo Utara," kata Bupati Gorut Indra Yasin dalam pertemuan tersebut.

Turut bersama dalam tim survei yakni Kepala Bidang Operasi Zona Maritim Tengah Kolonel Bakamla Tio Togap Pasaribu, Kepala Stasiun Pemantau Keamanan dan Keselamatan Laut Kema Letkol Bakamla Wahyuddin Makka serta Analis Kerjasama Zona Maritim Tengah Letkol Bakamla Ibnu Sina.***


Autentikasi: Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, S.T., M.M, M.Tr. Hanla.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait