Terbukti dan Teruji di Berbagai Jenis Lahan

Bibit Sawit Topaz Jamin Produktivitas Petani Lebih Baik

Head Of Planing Materials Asian Agri Tan Joon Sheong, Ph.D, saat memaparkan keunggulan bibit unggul sawit Topaz pada Rabu (06/10/2021) di Pekanbaru.

Pekanbaru, Oketimes.com - Kebutuhan bibit sawit unggul bagi petani sawit sangat didambakan hingga kini, sehingga para petani mesti mengetahui kondisi bibit unggul seperti apa yang lebih menjamin untuk meningkatkan performanya dalam meningkatkan produktivitasnya meski kondisi topografi lahan berbeda-beda jenis di lokasi.

"Untuk menjawab tantangan petani tersebut, bibit sawit Topaz sangat tepat menjadi pilihan petani sawit saat ini. Selain siap mekar di segala jenis lahan yang ada, petani sawit itu juga harus bersiap-siap mendapatkan hasil yang memuaskan dari hasil yang akan didapatkan," kata Head Of Planing Materials Asian Agri Tan Joon Sheong, Ph.D, didampingi Agung Ardi Wardana Coordinator Plasma Riau, dalam pemaparannya pada Rabu (06/10/2021) di Pekanbaru.

Pada kesempatan itu, juga hadiri Corporate Communications Senior Manager Dinna Permana, Manajer Publik Relations Asian Agri Wilayah Sumut Riau Jambi Lidya Ginting dan beberapa wartawan di Pekanbaru.

Dijelaskan Tan Joon Sheong, keberadaan topografi lahan kebun sawit di wilayah Pulau Sumatera, ada beberapa jenis, yakni lahan bergelombang, perbukitan dan lahan gambut, sehingga dibutuhkan bibit sawit yang unggul untuk menyusaikan pertumbuhan kebun sawit tersebut.

"Solusi untuk bibit sawit unggul itu, sudah kita siapkan sejak tahun 2004 lalu, lewat bibit unggul sawit Topaz, yakni Topaz series 1, 2, 3 dan 4 saat ini," ungkap Tan Joon Sheong.

Selama satu dekade saat ini lanjut Tan Joon Sheong, yakni sejak tahun 2011 hingga 2020, total hasil penjualan minyak dari hasil bibit unggal Topaz di Indonesia sudah mencapai di rata 80 persen dari 200 ribu hektar lahan yang sudah produksi.

Sedangkan 50 persen yang sudah ditanami bibit unggul Topaz di wilayah Indonesia, sebanyak 20 persen berada di lahan gambut, sehingga bibit tersebut sangat cocok di tanam di beberapa jenis lahan yang ada di Indonesia.

"Hal itu semua kita lakukan, tidak terlepas dari berbagai upaya yang kita lakukan, termasuk melakukan riset dan melakukan pendampingan kepada petani tersebut," pungkas Tan Joon Sheong.

Sebagaimana diketahui, keberadaan bibit unggul Topaz di Provinsi Sumatera Utara, Riau dan Jambi, sudah terbukti meningkatkan produksi sawit petani.

Untuk ketersediaan bibit unggul tersebut, kini sudah berada di wilayah Riau, yakni di Dusun Petapahan Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, Riau.***


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait