Tutup Usia Umur 67 Tahun, Mantan Anggota DPD RI Rosti Uli Purba Wafat

Alm Ibu Rosti Uli Purba

PEKANBARU, Oketimes.com - Mantan senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia Periode 2014-2019, asal Riau, ibu Rosti Uli Purba, mengembuskan nafas terakhir saat menjalani perawatan di Ruang ICU Rumah Sakit Syafira Pekanbaru, Rabu, 28 Juli 2021 dini hari pukul 01.30 Wib.

Rosti Uli Purba lahir di Pematang Siantar, 8 September 1953, tutup usia diumur 67 tahun lebih.

Kepergian bunda Rosti Uli Purba disampaikan oleh Putra kedua mendiang Sonni Silaban, melalui pesan singkat whatsapp, pada Rabu, (28/6/2021) pukul 05.30 Wib.

"Bang, Mama sudah tenang bersama Bapa Disurga yah," tulis Sonni.

Saat ini almarhum ibu Rosti Uli Purba, telah dibawa dan disemayamkan di Rumah Duka di Jalan Durian Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru dan dikabarkan akan dimakamkan pada Kamis 29 Juli 2021.

Diketahui bunda Rosti Uli Purba, meninggalkan tiga putra dan satu putri. Ia sempat duduk sebagai anggota DPD-RI dan mencetak sejarah dari Provinsi Raiu berdarah Batak.

Keberhasilan Rosti Uli Purba duduk sebagai anggota DPD RI periode 2014-2019 tak lain kiprahnya yang ramah dan dikenal luas masyarakat Provinsi Riau terutama "halak kita".

Rosti Uli Purba kembali mencalonkan anggota DPD RI periode 2019-2024, namun, nasib berkata lain suara yang diperolehnya kalah bersaing dengan kompetiternya di urutan keempat.

Bunda Rosti Uli Purba hanya menempati urutan ke-5 perolehan suara hasil pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Di kanvaj perpolitikan, Rosti Uli Purba menjabat sebagai Wakil Bendahara DPP Partai Hanura.

Lahirkan Rosti Baru

Sementara, Tokoh Batak Riau, Hinsatopa Simatupang menyebutkan Rosti Uli Purba merupakan Tokoh Wanita Batak di Riau. Banyak karya nyatanya dalam dalam sosial kemasyarakatan di Riau, juga bagi konstituen pemilihnya sebagai anggota DPD RI.

"Bukti karya nyata sangat dirasakan oleh banyak masyarakat. Besar harap akan lahir Rosti-Rosti baru pada masa mendatang,” ujar Topa Simatupang.

Sosok Religius dan Sosial

Kiprah Rosty Uli Purba, jauh sebelum duduk sebagai anggota DPD RI, sudah cukup dikenal. Saat aktif di organisasi Kosgoro pada 1980an, Rosti Uli Purba sudah menjalajahi desa-desa yang ada di Provinsi Riau menjalankan misi sosialnya.

Sosok Rosti Uli Purba, bisa dikatakan, salah satu potret Srikandi Riau yang berhasil dipentas kancah Nasional.

Istri mantan Kepala Dinas Kehutanan Tembilahan SM Silaban ini, semakin dikenal, karena Rosti Uli Purba merupakan pribadi yang religius.

"Dia salah satu pribadi religius. Menampung anak-anak terlantar. Sering, kita dengar banyak anak-anak angkat belaiu. Sehingga, rumahnya disebut-sebut panti anak asuhan bagi anak-anak terlantar," ujar Bendahara PWI Riau, Oberlin Marbun, pada awak media Rabu, (28/7/2021) di Pekanbaru.

Tidak hanya itu lanjut Oberlin Marbun, pribadi religius beliau ditunjukkan, banyak kegiatan dan organisasi keagamaan, baik materin dan non materil beliau sumbangkan.

"Buktinya, sejumlah Gereja yang ada di Provinsi Riau nyaris semua dibantu. Beliau pionir wanita Batak di Riau," tutur Mantan Ceo Tabloid Horas Plus itu meyakinkan.

Selain sosok religius dan sosial, ibu Rosti Uli Purba dikenal dekat dengan kalangan wartawan. Terutama di mata Wartawan Kristen, Rosti Uli Purba memberi dukungan saat kegiatan Kerohanian seperti Perayaan Natal Wartawan Provinsi Riau dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

"Rumah beliau terbuka bagi kegiatan Wartawan, termasuk saat kegiatan Natal dan Uji kompetensi wartawan pada 2018 lalu," kata Uparlin Maharadja selaku penggagas Uji Kompetensi Wartawan bersama Lembaga Pers Doktor Sutomo (LPDS) 2018.

Pantauan di rumah kediaman Rosti Uly Purba di Jalan Durian, Sukajadi, Kota Pekanbaru, telah terpampang sejumlah papan bunga ucapan turut berduka cita dari kalangan masyarakat.

Dari deretan papan bunga ucapan turut berduka cita, koleganya sesama anggota DPD RI Periode 2019-2024, Instiati Ayus tampak di depan rumah kediaman Rosti Uly Purba menghiasi rumah dukanya di Jalan Durian Pekanbaru. SELAMAT JALAN BUNDA…Kami Akan Selalu Mengenangmu!***

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait