Kadis Pendidikan Riau Diusulkan Dicopot

ILustrasi

PEKANBARU, Oketimes.com – SK Gubernur Riau Nomor KPTS 657/ VI/ 2021 tentang Panitia Penyelenggara Penerimaan Didik Baru pada Jenjang Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) serta Pendidikan Khusus Provinsi Riau Tahun Ajaran 202/2022, telah ditandatangani Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi pada 25 Juni 2021 dalam lampiran surat keputusan itu, memuat Sekretaris PPDB yang sudah masuk masa pensiun.

Keputusan tersebut, dinilai berseberangan dengan Peraturan BKN Nomor 2 Tahun 2019 tentang Tata Cara Masa Pensiun ASN, dimana setiap PNS dapat diberikan maksimal dalam jangka waktu satu tahun dan dibebastugaskan dari jabatan Aparatur Sipil Negara (ASN) setelah enam bulan memasuki MPP.

Terkait hal itu, Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi belum bersedia memberikan penjelasan soal adanya SK pengangkatan Panitia PPDB SMA/ SMK T.A 2021/2022 yang dinilai kecolongan, karena telah meloloskan oknum ASN Disdik Riau berinisial KB yang sudah pensiun sebagai Sekretaris Panitia PPDB tersebut.

Sementara Ketua Markas Daerah Laskar Merah Putih Provinsi Riau Usamah Khan ST MT, mengatakan sudah barang tentu, Kadisdik Riau yang memasukkan nama Sekretaris PPDB kepada Gubernur Syamsuar.

"Dan tidak mungkin, Gubernur memeriksa status administrasi setiap nama, meski SK Gubernur Riau ditembuskan ke Kemendagri,  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud," kata Usamah Khan kepada oketimes.com pada Senin, 19 Juli 2021 di Pekanbaru.

Dilanjutkan Usamah, sebenarnya Gubernur Riau secara tidak langsung telah dicoreng atau dipermalukan oleh Kadisdik Riau.

"Saya kasihan dengan Pak Gubernur. Seharusnya Kadisdik membantu tugas dan program Gubernur. Dengan kejadian ini, malah menjadi beban bagi Pak Gubernur," ungkap Usamah.

Lantaran itu, dirinya berharap kepada Gubernur Riau, agar mencopot Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau inisial ZI.

"Saya mengusulkan, agar Gubernur Riau mencopot saja Kadisdik Riau dan gantikan dengan orang yang memahami visi dan misi Gubernur dalam membangun Riau," pungkas Usamah Khan.***

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait