Kapolresta Pekanbaru Jemput Warga Positif Covid-19 Isolasi Mandiri Rumahan

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H. Nandang Mumin Wijaya, S.I.K., M.H didampingi Plh Wakapolresta Pekanbaru AKBP Defrianto, S.I.K, M.H bersama Kadis Kesehatan Provinsi Riau Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir, APT, M.M dan Kadis Kesehatan Kota Pekanbaru dr. Aldo Eka Putra, datangi rumah warga terpapar covid-19 di jemput dan dibawa ke rumah sakit atau tempat isolasi menjalani perawatan, Kamis, 15 Juli 2021.

PEKANBARU, Oketimes.com - Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H. Nandang Mu'min Wijaya, S.I.K., M.H didampingi Plh Wakapolresta Pekanbaru AKBP Defrianto, S.I.K., M.H bersama Kadis Kesehatan Provinsi Riau Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir, APT, M.M dan Kadis Kesehatan Kota Pekanbaru dr. Aldo Eka Putra, datangi rumah warga terpapar covid-19 di jemput dan dibawa ke rumah sakit atau tempat isolasi menjalani perawatan, Kamis 15 Juli 2021 pagi.

Diawali apel bersama di lapangan Gubernur Riau Jalan Jenderal Sudirman, dalam rangka melepas keberangkatan mobil ambulance secara serentak yang dilepas secara langsung oleh Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, jemput pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri, agar dirujuk kerumah sakit atau tempat Isolasi untuk menjalani perawatan.

Setelah pelepasan mobil ambulance yang akan menjemput pasien covid-19, Kapolresta Pekanbaru bersama tim Satgas Covid-19 dengan menggunakan APD lengkap, turun langsung ke rumah warga yang terpapar Covid-19.

Hal tersebut dilakukan, guna mempercepat proses evakuasi, agar pasien yang tengah menjalani isolasi secara mandiri dirumah bisa dirawat dan mendapatkan perawatan yang optimal.

Kombes Pol Nandang mengatakan, warga harus diberi penjelasan dan pemahaman yang ekstra atas langkah evakuasi tersebut. Karena, sebagian masyarakat masih berfikir bahwa yang terpapar Covid-19 adalah hal yang memalukan dan mesti disembunyikan. Padalhal harusnya mereka yang Isolasi harus mendapatkan perhatian yang lebih.

"Kami bersama Satgas, mengevakuasi saudara kita yang menjalani isolasi mandiri untuk dibawa ke tempat isolasi terpusat agar mendapatkan perawatan yang maksimal dan layak, dengan tujuan untuk meningkatkan angka kesembuhan dan mencegah penularan dalam klaster keluarga," kata Kombes Pol Nandang.

Kombes Pol Nandang menuturkan ada sekitar 455 orang terpapar Covid-19 yang menjalani isolasi secara mandiri di kota Pekanbaru dan akan di Evakuasi ke tempat Isolasi terpusat.

Dengan mengerahkan 60 unit ambulance harapannya proses evakuasi bisa tuntas digelar hari ini, dimana tim Satgas covid-19 yang sudah dibagi di berbagai wilayah kota Pekanbaru.

"Sebaran terpapar Covid-19 yang paling banyak berada di wilayah Kecamatan Bina Widya, Tuah Madani, Tenayan Raya, Payung Sekaki, Bukit Raya dan Marpoyan Damai," ujar Kombes Pol Nandang.

Dijelaskan juga, saat dilakukan evakuasi masyarakat merasa kaget karena didatangi petugas Satgas Covid-19 yang hendak menjemputnya.

"Setelah diberi penjelasan oleh petugas bahwa langkah ini bertujuan untuk menyelamatkan warga, mereka pun memakluminya, kalau di tempat isolasi mereka akan lebih terurus," pungkas Kombes Pol Nandang.

Adapun proses evakuasi tersebut dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, dimana petugas juga mengenakan alat pelindung diri (APD).***

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait