Program RHL Sampaikan Pesan-pesan Rehabilitasi dalam Literasi Konservasi di Desa Cipang Kanan

Sejumlah anak muda pegiat dan pemerhati lingkungan yang tergabung dalam Komunitas Rumah Sunting pada tanggal 26 – 27 Juni 2021, menghelat kegiatan literasi konservasi di Desa Cipang Kanan, Kecamatan Rokan IV Kota, Kabupaten Rokan Hulu, Riau.

Pekanbaru, Oketimes.com - Sejumlah anak muda pegiat dan pemerhati lingkungan yang tergabung dalam Komunitas Rumah Sunting pada tanggal 26 – 27 Juni 2021, menghelat kegiatan literasi konservasi di Desa Cipang Kanan, Kecamatan Rokan IV Kota, Kabupaten Rokan Hulu, Riau.

Mereka datang ke Desa yang terpencil dan belum terjangkau sinyal telpon seluler ini mengemban sebuah misi, yaitu Edukasi dalam bentuk Literasi Konservasi.

Dalam pelaksanaan misi, Komunitas ini menjalin kolaborasi dengan salah satu institusi KLHK, BPDASHL Indragiri Rokan yang concern terhadap program Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL).

Target atau sasaran utama adalah anak-anak dan generasi muda di Desa Cipang Kanan, memerlukan sentuhan edukasi kecintaan terhadap alam dan lingkungan.

Hampir seribuan buku, diserahkan ke Pustaka Koto Molintang (Perpustakaan Desa Cipang Kanan) untuk mendukung edukasi atau literasi di Desa yang jauh namun asri ini.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut literasi yang sudah digelar sebelumnya di bulan April 2021.

Pada kesempatan itu, perwakilan dari komunitas, donatur dan para relawan menyampaikan secara simbolis buku-buku bacaan kepada Kepala Desa Cipang Kanan di hadapan anak-anak, generasi muda, dan warga masyarakat desa.

Buku-buku ini akan menjadi koleksi bahan bacaan untuk memperkaya khazanah pengetahuan bagi masyarakat Desa Cipang Kanan.

Kepala Desa Cipang Kanan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu masyarakat Desa Cipang Kanan dalam upaya edukasi, literasi, dan juga rehabilitasi.

Beliau mengajak anak-anak dan generasi muda untuk gemar membaca, memperluas cakrawala guna menggapai cita-cita.

Pesan-pesan rehabilitasi hutan dan lahan (RHL) turut disematkan dalam giat literasi konservasi kali itu, disampaikan Kepala BPDASHL Indragiri Rokan, yang dalam kesempatan literasi ini diwakili oleh Kepala Seksi RHL menyampaikan pesan dan harapan kepada generasi muda dan semua komponen masyarakat yang ada di Desa Cipang Kanan untuk senantiasa menjaga alam dan melestarikan hutan.

Sumberdaya alam, termasuk juga hutan bukan hanya sebagai warisan, melainkan pusaka yang harus dijaga secara turun-temurun.

Jika hanya dianggap sekedar warisan, maka ia akan diperebutkan oleh para pihak yang merasa sebagai ahli waris.

Namun bila dianggap pusaka, maka ia akan senantiasa dijaga dan dipelihara oleh tangan yang tepat sebagai pemegang dan penjaga pusaka.

RHL merupakan salah satu upaya untuk menjaga pusaka dalam bentuk hutan dan lahan. Cara menjaga pusaka ini adalah dengan menjaga, menanam, memperkaya, dan memanfaatkan tanaman hutan secara bijaksana. Mulai dari kecil menanam, saat remaja dan dewasa nanti akan menuai hasilnya.

Tanaman RHL yang saat ini ditanam di Desa Cipang Kanan kelak akan diserahkan sepenuhnya pengelolaan dan pemanfaatannya kepada masyarakat desa.

Pemerintah tidak akan pernah mengambil alih hak-hak kelola lahan yang telah ada selama ini, malah sebaliknya akan memberikan penguatan hak kelola kepada masyarakat sesuai dengan regulasi yang ada.

Pihak BPDASHL Indragiri Rokan berharap kegiatan edukasi dan literasi ini bisa dilaksanakan juga di desa-desa lainnya yang menjadi lokasi kegiatan RHL.

Dengan metode literasi ini, diharapkan pesan-pesan rehabilitasi dapat tersampaikan dengan baik dan diterima oleh masyarakat desa, terutama generasi muda.***


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait