Karang Taruna Dusun Permai Indah Sabak Auh Hiasi Malam 27 Ramadan dengan Tradisi Lampu Colok

Lampu colok pemuda pemudi RW 06 Permai Indah, Kecamatan Sabak Auh. (Foto: Istimewa)

SIAK, Oketimes.com - Memauki malam 27 Ramadan di Dusun Permai Indah, Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak, Riau, selalu istimewa setiap tahunnya. Karena, muda-mudi Karang Taruna RW 06 Sabak Permai bikin kegiatan lampu colok meski Pemerintah Kabupaten Siak tidak menggelar Festival Lampu Colok akibat pandemi Covid-19.

Ketua Karang Taruna Sabak Permai, Iswanto yang akrab disapa Mas Robert menyebutkan lampu colok merupakan tradisi unik di Siak berbahan lampu colok dari kaleng-kaleng bekas minuman ringan bersoda dan botol minuman disusun biasanya menghasilkan bentuk masjid dan bentuk lainnya sesuai tema ramadan.

"Kegiatan ini merupakan tradisi dari zaman dahulu yah, dan perlu kita lestarikan. Dengan adanya lampu colok di malam 27 ramadhan ini, sekaligus menyambut malam Lailatul Koddar dan malam nuzul quran, lampu colok ini kita hidupkan dua malam.malam 27 dan malam takbir," kata Mas Robert.

Guna mensukseskan pelaksanaan lampu colok itu, Karang Taruna dibantu dana swadaya oleh masyarakat serta perusahaan yang ada di sekitar Dusun Permai Indah ini.

Kegiatan menghidupkan lampu colok tersebut, diawali oleh Kadus, Ketua RW dan Ketua Karang Taruna. ***


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait